Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Awasi Dana Bergulir, Kementrian Koperasi & UKM Gandeng KPK

Rabu 28 Mar 2012 18:41 WIB

Rep: Masapril Aries/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Logo koperasi

Logo koperasi

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Mengantisipasi penyelewengan,  Kementerian Negara Koperasi dan UKM bersama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dalam penyaluran dana bergulir ke koperasi dan UMKM  mengandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Neddy Ravivaldi Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Negara Koperasi dan UKM dalam temu mitra regional Sumatera di Palembang, Rabu (28/3) mengatakan, “Guna mengawasi dan melakukan pencegahan serta  penanganan penyalahgunaan dana bergulir ke koperasi –UMKM di seluruh Indonesia akan melibatkan KPK.”

Menurut Neddy Ravivaldi, dengan melibatakan KPK, diharapkan dana yang digulirkan tepat sasaran kepada yang koperasi –UMKM yang berhak. “Kami ingin semua berjalan lebih baik sebab dengan demikian dana  yang digulirkan dapat dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Selain KPK dalam pencegahan penyelewengan dana bergulir, Kementerian Koperasi dan UKM juga melibatkan kejaksaan dan polri dan TNI untuk mengawal penyaluran dana tersebut.

Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Negara Koperasi dan UKM mengakui, selama ini memang penyaluran dana bergulir belum berjalan efektif, sebab kendalanya, yakni kurangnya kesadaran dari penerima untuk mengembalikan dana tersebut.

“Para peminjam menganggap dana bergulir tersebut merupakan dana hibah yang tidak ada tuntutan atau pun kewajiban untuk mengembalikan,” tambahnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA