Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Mantap, Tukang Kayu Ini Digaji Rp 15 Juta di Tanzania

Jumat 27 Apr 2012 02:06 WIB

Red: Endah Hapsari

Rumah panggung woloan

Rumah panggung woloan

Foto: inforumah.net

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO---Perajin produk kayu Woloan Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) menerima gaji berkisar Rp 15 juta per bulan untuk pekerjaan membangun kembali rumah yang diekspor ke Tanzania. "Pembeli Tanzania memesan 80 rumah kayu perpaduan rumah panggung Minahasa dan rumah adat negara tersebut, sudah dikirim sebanyak 40 unit dalam bentuk rumah jadi, dan para tukang menerima upah sekitar Rp 15 juta per bulan," kata Vanny Kojongian, petugas kelurahan Woloan I membidangi pengembangan industri rumah panggung.

Vanny mengatakan, para tukang tersebut menerima gaji sudah termasuk dalam kontrak ekspor rumah ke Tanzania. "Ada sekitar delapan perajin rumah panggung Woloan mengerjakan rumah di Tanzania, karena tidak ada tenaga kerja yang punya keahlian membangun rumah panggung di negara tersebut," kata Vanny.

Kepala Bidang Pengembangan Industri Kecil Menengah (FPIKM) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Nico Rambitan mengatakan, pendapatan perajin rumah panggung saat ini mampu menyamai bahkan mungkin melebihi industri lainnya, karena itu perlu mendapat perhatian serius.

"Pemerintah daerah perlu memberi berbagai kemudahan agar industri rumah panggung di Sulut dapat berkembang lebih pesat karena telah terbukti berperan cukup signifikan dalam pertumbuhan ekonomi," kata Nico.

Di Sulut saat ini terdapat lebih 100 pengrajin rumah panggung tersebar di beberapa sentra seperti Woloan Kota Tomohon dan Mokobang Minahasa Selatan, dengan menyerap lebih 1.000 tenaga kerja.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA