Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tantowi: Deklarasi Ical Jadi Capres pada 1 Juli

Selasa 22 May 2012 05:28 WIB

Rep: Irfan Junaidi/ Red: Endah Hapsari

Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie

Foto: Ismar Patrizki/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA--Keputusan Partai Golkar untuk menjadikan ketua umum partai tersebut Aburizal Bakrie, sebagai calon presiden terlihat final. Wakil Sekjen Partai Golkar, Tantowi Yahya mengungkapkan, pada Juli mendatang, pencapresan  sosok yang akrab disapa Ical itu akan dideklarasikan di Sentul.

 

Dalam acara tersebut, dia memastikan semua pengurusa DPD II akan hadir. Tantowi menyatakan sangat yakin tidak ada DPD II yang tidak akan mengikuti deklarasi. Namun demikian, pihaknya memastikan Partai Golkar tidak akan  menjatuhkan sanksi kepada DPD yang tidak akan menghadiri acara tersebut. “ Tidak lagi lah sanksi-sanksi begitu,” tutur dia di Canberra, usai mendampingi Ical bertemu Menlu Australia Hon Bob Carr, Senin (21/5).

Selain bersiap mendeklarasikan pencapresan Ical, Tantowi juga menjelaskan soal penentuan sosok yang akan mendampingi Ical sebagai calon wakil presiden. Menurut dia, kriteria dan sosok calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengan Ical akan ditentukan pada tahun 2013.

Penentuan calon wapres yang akan diajukan Partai Golkar dalam Pilpres 2014 tersebut rencananya tidak akan dibahas pada rapat pimpinan nasional (rapimnas) III nanti. Kata dia, penentuan calon wakil presiden baru akan dibahas dalam  rapimnas IV yang akan digelar 2013.

"Rapimnas III nanti hanya untuk mengukuhkan pencalonan Pak Ical sebagai capres 2014 dari Golkar. Sementara deklarasinya akan dilakukan 1 Juli di Sentul," ujarnya. Menurut Tantowi, saat ini Partai Golkar sudah  mengantongi sejumlah nama yang akan dibahas dan dipertimbangkan sebagai pendamping Ical.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA