Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Hatta: Bulog tak akan Monopoli

Rabu 15 Aug 2012 23:03 WIB

Red: Dewi Mardiani

Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan Badan urusan Logistik (Bulog) tidak akan memonopoli dalam menyediakan bahan pokok. "Kami mendukung Bulog untuk melakukan stabilisasi tapi kita tidak ingin terjadi monopoli, misalkan pedagang tidak lagi mengambil peran itu, tidak, tapi fungsi stabilisasi itu harus terjaga," katanya di Jakarta, Rabu (15/8).

Menurut dia, peran Bulog untuk stabilisasi harga dibutuhkan mengingat pasar seringkali tidak dapat melakukan hal itu. Pasar menurut dia, tidak sempurna dan seringkali justru menyimpang. "Kalau pasar tidak sempurna terjadi 'distorsi' (gangguan) siapa yang memperbaiki, ya pemerintah melalui Bulog itu," katanya.

Hatta menambahkan, saat ini tim tengah menyusun peran revitalisasi Bulog tersebut, dan dalam waktu dekat akan segera melapor. "Tim akan melaporkan sebelum tanggal 30 Agustus kepada saya tentang bagaimana fungsi Bulog dalam stabilisasi harga," katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan agar Bulog direvitalisasi kembali sebagai stabilisator harga komoditas pokok pangan, tidak hanya beras. Presiden menyatakan peningkatan peran Bulog tersebut sangat dibutuhkan mengingat harga pangan saat ini rentan terhadap gejolak seperti pemanasan global.

Presiden mencontohkan harga kedelai di dunia yang melonjak saat terjadinya kegagalan panen di Amerika Serikat karena kekeringan beberapa waktu lalu. Akibatnya harga kedelai di dalam negeri meningkat pesat membuat industri tahu dan tempe rumahan terancam gulung tikar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA