Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Polri Deklarasikan Aman Berkendara di Jalanan

Kamis 21 Mar 2013 22:01 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Djibril Muhammad

Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Nanan Sukarna

Wakil Kepala Kepolisian RI Komjen Nanan Sukarna

Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyebut tingkat kecelakaan yang memakan korban jiwa di jalan Indonesia masih sangat tinggi.

Tak tanggung-tanggung, menurut Wakil Ketuam Umumnya, Sadikin Aksa, diketahui sebanyak tiga tewas setiap jamnya akibat kecelakaan saat berkendara di jalanan Indonesia.

"Sebagian dari korban ini 44 persennya berada di kisaran usia 16-25 tahun," kata dia di Kantor National Traffic Management Centre (NTMC)  Polri, Jakarta Kamis (21/3).

Untuk itulah, kata dia, ia bersama kepolisian khususnya di jajaran Direktorat Lalu Lintas menggalang pernjanjian guna menumbuhkan kesadara berkendara yang aman bagi keselamatan jiawa.

"Sekarang bersama dengan Polri dan Federation International Automobile (FIA) kami teken MoU dengan tema 'Action Road of Safety' demi cara berkendara yang aman,” ujarnya.

Pihak Polri mengaku antusias dengan kesadaran masyarakat yang diperlihatkan oleh organisasi seperti IMI. Polri yakin, dengan komitmen keselamatan berlalu lintas, maka tingkat kecelakaan yang tinggi dapat ditekan rendah.

"Pencegahan keselamatan berlalu lintas harus didukung oleh semua kalangan. Maka dari itu semuanya harus ikut serta dalam hal keselamatan berlalu lintas," ujar Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna.

Nanan mengatakan memang tidak mudah bagi Polri untuk mengontrol keselamatan para pengendara di jalanan. Namun dengan bantuan masyarakat seperti yang diperlihatkan dalam penandatanganan MoU ini, maka kesadaran untuk berkendara dengan aman dapat terbangun.

"Siapa lagi yang akan mulai menyelematkan korban khususnya di usia-usia produktif ini, ya kita, polisi dan masyarakat. Polri harap hari ini bisa jadi momentum yang tepat. Yo mari sama-sama mulai sekarang untuk deklarasikan bahwa diri sendiri ialah pelopor keselamatan berkendara di jalan," kata Nanan menegaskan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA