Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Calon Ketum Tak Takut Bersaing dengan SBY

Senin 25 Mar 2013 22:59 WIB

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Djibril Muhammad

Partai Demokrat

Partai Demokrat

Foto: Republika/ Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kandidat calon ketua umum (ketum) Partai Demokrat, Tridianto percaya Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan menghalanginya maju di bursa pemilihan ketua umum.

Tridianto menyatakan SBY akan menghargai setiap kader yang ingin maju menjadi calon ketua umum. "Saya yakin SBY Demokrat sejati. Seorang bapak demokrasi akan menghargai calon yang mau maju," kata Tridianto kepada Republika, Senin (25/3).

Tridianto menyatakan, sepanjang mendapat dukungan, tidak ada aturan di AD/ART yang melarang setiap kader maju menjadi calon ketua umum. Tridianto merasa dirinya sudah memenuhi kriteria menjadi ketua umum. "Calon bisa maju itu karena ada yang mencalonkan DPC," ujarnya.

Tridianto tidak gentar bila harus bersaing dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di bursa pemilihan ketua umum saat Kongres Luar Biasa (KLB) di Bali akhir Maret mendatang.

Tridianto mengklaim telah mengantongi dukungan dari para pengurus DPC Demokrat. "Sampai pagi ini sudah ada 171 DPC dan 5 DPD siap mendukung saya," katanya.

Tridianto memperkirakan para calon ketua umum Partai Demokrat yang telah disebut-sebut media tidak akan berani maju melawan SBY di bursa KLB.

Namun begitu dia menyatakan tidak akan ikut-ikutan takut dan siap bertarung secara fair dengan SBY. "Tapi saya ndak takut. Saya siap bertarung dengan SBY di KLB," ujarnya.

Tridianto bukan tak percaya SBY bisa menyelamatkan partai. Menurutnya SBY bisa menyatukan faksi-faksi yang ada di Demokrat. Namun begitu, imbuhnya, posisi SBY sebagai presiden lebih dibutuhkan rakyat.

Tridianto berharap SBY mau mempercayakan Demokrat kepada dirinya hingga 2014. "Jadi utamakanlah rakyat yang masih banyak membutuhkan program-program SBY," ujarnya. 

Tridianto ngotot maju sebagai calon ketua umum karena ingin menjadikan Demokrat sebagai partai yang benar-benar bersih, santun, dan cerdas. Jika terpilih nanti Tridianto siap mengubah moto partai dari bersih, santun, dan cerdas menjadi bersih jujur dan merakyat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA