Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Ini Dia Cara Paling Efektif Basmi Demam Berdarah

Kamis 04 Apr 2013 02:06 WIB

Red: Endah Hapsari

Fogging bebas nyamuk

Fogging bebas nyamuk

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penggunaan insektisida merupakan cara paling efektif untuk mencegah penyakit menular Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegipty, berdasarkan penelitian yang dilakukan dr. Tri Yunis Miko Wahyono.

"Penggunaan insektisida paling efektif karena lebih rutin dilakukan dibanding cara yang lain, seperti lavasida," kata dr. Tri dalam konferensi pers yang bertajuk "Langkah Pencegahan Demam Berdarah Paling Efektif", di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Jakarta.

Tri menjelaskan penggunaan insektisida tersebut dilakukan untuk membunuh nyamuk dewasa. "Upaya pencegahan yang dipusatkan pada nyamuk disebut sebagai 'vector control' yaitu upaya pengendalian nyamuk Aedes aegipty sebagai vektor penular," katanya.

Dia menyebutkan, pencegahan pada nyamuk selain insektisida juga dilakukan pemberantasan sarang (PSN) untuk menanggulangi populasi nyamuk, larvasida untuk membunuh larva nyamuk dan penggunaan obat nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk.

Selain berpusat pada nyamuk dalam upaya pencegahan, Tri juga menggunakan dua jenis cara pencegahan lainnya berdasarkan faktor yang berperan dalam penularan penyakit tersebut, yakni penderita dan orang sehat. "Dari sisi penderita DBD, dilakukan pengobatan yang sesuai dan isolasi penderita untuk mencegah penularan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA