Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Kamis, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Mengenang Taufiq Kiemas

Taufiq Pernah Pertemukan Anak Kartosuwiryo, DN Aidit, Soeharto dan Soekarno

Ahad 09 Jun 2013 12:26 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: A.Syalaby Ichsan

Petugas mengangkat foto almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas di rumah duka Jl Teuku Umar no 27 Jakarta Pusat, Sabtu (8/6).

Petugas mengangkat foto almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas di rumah duka Jl Teuku Umar no 27 Jakarta Pusat, Sabtu (8/6).

Foto: Antara/Reno Esnir

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi VI DPR dari Fraksi PDIP Aria Bima mengatakan, Taufiq Kiemas merupakan pemersatu semua golongan. Beliau tidak pernah membeda-bedakan orang lain hanya karena ideologi,kepercayaan, maupun golongannya.

Suatu ketika. kata Aria, almarhum pernah mempertemukan berbagai golongan masyarakat  lintas ideologi. Saat itu, Taufiq mempertemukan anak-anak Kartosuwiryo tokoh DI TII, DN Aidit tokoh Partai Komunis Indonesia, Soeharto, dan Soekarno dalam sebuah acara. 

"Beliau ingin mengajarkan kepada seluruh bangsa Indonesia bahwa jangan ada dendam di antara para keturunan berbagai keturunan dari ideologi yang berbeda. Biarlah masa lalu menjadi pelajaran berharga bagi bangsa ini untuk lebih bersatu," ujar Aria.

Bahkan, ujar Aria, selama ia menjadi oposisi di parlemen, Taufiq mengatakan, PDIP hanya berbeda pendapat dengan SBY. Namun  bukan berbeda  pandangan. Atas pengorbanan Ketua MPR tersebut, Aria menilai, Taufiq pantas dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Ini sesuai dengan pengorbanan yang telah beliau lakukan selama ini untuk terus memperjuangkan keberadaan Pancasila sebagai ideologi perjuangan bangsa Indonesia," kata Aria. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA