Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Hari Pertama Masuk Kerja, Bupati Halal Bil Halal

Senin 12 Aug 2013 18:41 WIB

Rep: Heri Purwata/ Red: Djibril Muhammad

Halal bi halal PNS

Halal bi halal PNS

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, WATES -- Hari pertama masuk kerja, Bupati Kulonprogo H Hasto Wardoyo melakukan halal bil halal dengan bersalam-salaman seluruh stafnya. Acara ini dilakukan setelah upacara di halaman kantor bupati setempat, Senin (12/8).

Dalam kesempatan tersebut, bupati didampingi Wakil Bupati Kulonprogo H Sutedjo serta Ketua DPRD Kulonprogo H Ponimin Budi Hartono beserta istri.

Sebelum bersalaman dibacakan ikrar syawalan Sekda RM Astungkoro mewakili seluruh PNS kepada bupati. Kemudian  dilanjutkan penerimaan ikrar Syawalan oleh bupati.
         
Dalam sambutannya, Hasto Wardoyo berharap ibadah puasa yang baru dijalankan sebulan bisa membekas pada diri masing-masing.

"Ada tiga hal yang sering kita tanyakan pada diri kita sendiri, kita dituntut dalam tataran pengetahuan sejauhmana kita bisa menguasai tentang ilmu dan apa saja yang menjadi ketugasan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua dalam kemampuan ketrampilan dituntut kompentensi dan sejauhmana kita punya kompetensi, dan ketiga terkait dengan puasa, shalat dan ibadah lainnya adalah dalam hal spiritual," kata Hasto.

Hasto menambahkan masing-masing pribadi dituntut untuk mengalami transformasi spiritual yang baik. Ia mencontohkan kalau hari ini atau kemarin masih ada rasa dengki, rasa iri kalau SKPD lain bisa lebih maju, kemudian dirasai SKPD yang belum maju, atau mungkin membicarakan SKPD yang lain kemudian cenderung menjelek-jelekan, itu adalah rasa iri atau dengki.

Selain itu, kalau ada karyawan yang sukses, kemudian yang lain iri, itu adalah tingkatan nafsu amarah yang paling dahsyat. "Kalau kemarin masih seperti itu maka hari ini harapan kita dihilangkan rasa iri dengki itu," katanya.
 
Meskipun telah berhasil meninggalkan rasa iri dengki, kata Hasto, belum cukup. "Karena masih ada, orang yang sudah baik suka berderma senang melihat orang lain senang, sedih melihat orang lain sedih, tetapi masih sering berbantah-bantahan dalam hal kebenaran, biar gagah kalau kita bisa membantah yang benar itu merasa paling hebat, dalam rapat tadi saya menang, ide saya tadi baik, padahal sebenarnya hanya nafsu belaka, biar dipuji oleh orang lain," kata Hasto.

Hasto juga berharap para PNS mampu menjadi manusia yang ber-akhlakulkarimah yaitu mampu memberikan kebaikan kepada orang yang belum memberikan kebaikan kepada kita. "Karena kalau cuma kepada yang telah memberikan kebaikan kepada kita itu sudah banyak," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA