Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Hari Pertama Masuk, Layanan Pemerintahan Sudah Berjalan

Senin 12 Aug 2013 19:19 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Memasuki hari pertama usai libur lebaran, pelayanan pemerintahan hari ini kembali dilakukan. Seperti pelayanan publik di kantor desa Tridadi Kecamatan Sleman yang telah dilakukan hari ini.

Kepala Bagian Pelayanan Umum Kantor Kepala Desa Tridadi Kecamatan Sleman, Sri Hartati, mengatakan pada hari pertama masuk petugas pamong desa telah memberikan pelayanannya bagi masyarakat.

"Hari ini sudah memberikan pelayanannya kepada masyarakat, tapi karena ada open house, petugas bergantian berjaga," katanya, Senin (12/8).

Menurut dia, pada hari pertama masuk ini tidak ada pegawai yang membolos. Bahkan, para petugas pamong praja tersebut tampak melayani masyarakat yang sedang mengurus perizinan. Meskipun begitu, masyarakat yang mendatangi kantor desa untuk mengurus surat-surat masih terpantau sepi.

Pada hari pertama masuk, kantor desa hanya memberikan pelayanan publik sejak pukul 08.00 hingga pukul 13.30 WIB. Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Sleman, Suyono, mengatakan pihaknya akan melakukan pemantauan kepada pegawai negeri sipil (PNS) yang masuk hari ini.

"Siang ini kami bersama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan melakukan pemantauan ke dinas-dinas karena hari ini hari pertama masuk setelah cuti bersama. Sebagai bentuk antisipasi agar tidak pulang lebih awal juga," katanya.

Selain itu, kehadiran PNS juga akan dipantau oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah (skpd) melalui daftar hadir. Para PNS tersebut hari ini harus memberikan layanan publik mulai pukul 07.30 hingga 15.30 WIB.

Untuk melakukan pemantauan terhadap para PNS, Suyono telah membentuk enam tim gabungan bersama BKD. Apabila ditemukan PNS yang membolos, maka akan dikenai sanksi.

Kepala BKD Sleman, Iswoyo, mengatakan pihaknya belum dapat mendata jumlah PNS yang membolos hari ini. "Daftar hadir dari masing-masing SKPD belum masuk, jadi belum bisa terpantau jumlahnya. Namun, siang ini akan dilakukan pemantauan ke beberapa dinas," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA