Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Hutan Papua Dinilai Penting Bagi Dunia

Rabu 11 Sep 2013 10:11 WIB

Red: Dewi Mardiani

Danau Sentani

Danau Sentani

Foto: bestpapuatours.com

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavik menyatakan hutan Papua sangat penting bagi dunia, dan mengharapkan masyarakat Papua tetap menjaga kelestarian lingkungan khususnya di kawasan cagar alam Cycloop.

"Kami datang ke Papua untuk menghimbau agar masyarakat tetap menjaga lingkungan yang ada di Papua, khususnya yang ada di kawasan Cagar Alam Cycloop ini," ucapnya di Sentani, Rabu (11/9).

Menurut dia, program perlindungan lingkungan hutan ini sangat penting untuk dilakukan secepatnya bagi masyarakat Papua. Sehingga pihaknya datang untuk memberikan semangat bagi masyarakat Papua dalam menjaga kelestarian alamnya. Pemerintah Norwegia sangat tertarik dengan hutan di Papua yang masih terjaga dengan baik oleh masyarakat.

Ia menuturkan pihaknya berharap bisa memberikan sesuatu yang baik untuk masyarakat Papua khususnya untuk hutan yang dimiliki saat ini.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Yeri F Dien, di tempat terpisah. Dien mengatakan bahwa kunjungan Duta Besar Norwegia ke Kabupaten Jayapura ini merupakan wujud nyata perhatian dan kepedulian pemerintah Norwegia dalam pengelolaan dan perlindungan terhadap Sumber Daya Alam di Papua.

"Kedatangan mereka juga untuk mengetahui kawasan hutan yang penting untuk dijaga kelestariannya yaitu kawasan Cagar Alam Cycloop," urainya. Dien menjelaskan bahwa berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Kabupaten Jayapura untuk menjaga kelestarian Cagar Alam Cycloop, seperti rehabilitasi hutan dan lahan, pembentukan kelompok-kelompok binaan, penyuluhan, pemasangan papan imbauan dan pembentukan satgas pengamanan Cagar Alam Cycloop.

"Luas kawasan ini 22.500 HA, berada pada dua wilayah administrasi pemerintahan, yaitu Kabupaten Jayapura 15.066,02 ha dan sisanya berada di wilayah adminsitrasi pemerintahan Kota Jayapura," jelasnya. Ia menambahkan cagar alam Cycloop merupakan strategis karena selain sebagai sumber air utama bagi penduduk Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura, juga mempunyai flora dan fauna yang endemik.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA