Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Pedagang Jamu Adopsi Bayi yang Dibuang

Selasa 22 Okt 2013 13:20 WIB

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Citra Listya Rini

Kaki bayi (ilustrasi)

Kaki bayi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Walau hanya bekerja sebagai tukang jamu keliling, Warsini (41 tahun) tidak menolak bayi yang ditemukannya tergeletak di belakang rumah.

Warga Kampung Cimanglid RT 01 RW 02 Desa Sirnagalih Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor itu menganggap bayi mungil itu bagian rezekinya dari Allah SWT.

''Namanya Muhammad Rizki. Anak saya menambahkan menjadi Muhammad Rizki Saputra,'' kata Warsini sambil menimang bayi seberat 1,7 kilogram dan panjang 40 sentimeter itu.

Wanita yang telah memiliki empat anak itu menceritakan Sabtu (19/10) lalu sekitar pukul 20.00 WIB, ia mendengar suara tangisan bayi di belakang rumahnya. Ragu-ragu ia menghampiri pintu belakang rumah.

Ia sempat berteriak dua kali adakah orang di balik pintu. ''Tidk ada yang sahut, hanya ada suara bayi menangis,'' kata Warsini.

Lalu ia membuka pintu dan mendapati seorang bayi tergeletak di dekat pintu. Ia agak miris sebab bayi lelaki itu hanya dibungkus dua lembar selimut tipis. Padahal, tak lama sebelum kejadian hujan deras baru saja berhenti. Udara terasa dingin. 

Tanah di halaman belakang rumah Warsini pun masih basah. Halaman belakang rumah Warsini merupakan kebun talas dan singkong.

Cepat-cepat ia menggendong dan membawa bayi itu masuk rumah. Ia tak mendapati apa-apa di dekat bayi selain sebuah kantong plastik besar berisi popok, kain, bedak, dan minyak telon.

Esok paginya, ia dan suaminya, Pupon (43) membawa bayi itu ke bidan. ''Bidannya menduga bayi baru berumur tiga hari saat saya temukan,'' kata Warsini.

Warsini dan Pupon berencana merawat dan mengadopsi bayi lelaki itu. Keempat anak mereka pun telah setuju.

Namun demikian, Pupon tetap melaporkan kejadian itu ke Kepolisian dan aparat desa. ''Polisi dan perangkat desa sudah ada yang datang ke sini,'' kata Pupon.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA