Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Haji Asal Bojonegoro Negatif Virus Corona

Ahad 27 Oct 2013 02:30 WIB

Red: Hazliansyah

Virus Corona (ilustrasi)

Virus Corona (ilustrasi)

Foto: IST

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pihak RSUD dr. Soetomo Surabaya menyatakan hasil pemeriksaan pertama terhadap seorang haji asal Bojonegoro, Tasmian bin Rasiman Siru (63), yang mengalami "suspect" Virus Corona adalah negatif.

Meski negatif, tim dokter masih melakukan pemeriksaan kedua yang hasilnya baru bisa diketahui dalam 1-2 hari mendatang.

"Jika dalam pemeriksaan kedua ini hasilnya negatif, maka pasien akan dipindahkan ke ruang perawatan umum. Kondisinya sekarang sudah stabil, panasnya juga sudah normal," ujar Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD dr. Soetomo Surabaya dr. Joni Wahyuadi, Sabtu.

Sampai saat ini pasien masih dirawat intensif di ruang isolasi khusus. Pasien dirawat dengan sangat steril, baik perawat atau dokter yang memeriksa harus memakai baju khusus. "Ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan penularan virus," katanya,

Tasmian merupakan jamaah dari Kloter 7 Bojonegoro. Saat datang Rabu (22/10) malam, tubuhnya mengalami panas tinggi hingga 39 derajat celcius dan mengalami batuk-batuk.

Namun setelah menjalani proses stabilisasi, kondisi pasien kini berangsur membaik dengan suhu tubuhnya saat ini 37 derajat celcius.

Untuk memastikan seseorang terinfeksi Corona memang tidak mudah, mengingat gejala yang ditunjukkan bisa saja sama dengan flu biasa atau gangguan pernafasan akut, seperti demam dan sesak nafas. Namun kondisi suhu biasanya di atas 38 derajat celsius.

"Makanya perlu PCR, cek darah, dan identifikasi virus untuk memastikannya," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA