Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Jokowi: Kali di Jakarta Tercemar Limbah Berbahaya

Jumat 22 Nov 2013 15:26 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih

Joko Widodo (Jokowi)

Joko Widodo (Jokowi)

Foto: Yasin Habibi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) siang ini meninjau Kali Mookervart yang berada di Kelurahan Kedaung Kali Angke, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Seperti di kali lainnya, Kali Mookervart juga sedang dinormalisasi. 

Saat Jokowi mengunjungi lokasi, terlihat eskavator sedang mengeruk sedimen atau lumpur yang berada di dasar kali. Jokowi menduga, kali tersebut tidak pernah dikeruk sejak puluhan tahun. Karena terlihat dari lumpur dan air kalinya yang sudah menghitam. 

Mantan wali kota Surakarta ini juga mengatakan, Kali Mookervart sudah tercemar limbah berbahaya yang berasal dari pabrik sekitar. "Ini karena pengawasan yang kurang, sehingga tidak ketahuan siapa yang buang limbah ke sungai," ujarnya, Jumat (22/11).

Usai memantau Kali Mookervart, Jokowi kemudian memantau program nornalisasi di Waduk Tomang Barat, Kelurahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol, Jakarta Barat. Menurut dia, saat pertama kali mengunjungi Waduk Tomang Barat pada awal bulan lalu, seluruh permukaan waduk ditutupi oleh eceng gondok.

"Dulu seperti lapangan hijau. Tinggal dikasih gawang bisa bermain bola. Tapi sekarang sudah lumayan," kata dia.

Saat Jokowi mengunjungi lokasi, kondisi waduk memang sudah jauh berbeda dibanding saat pertama kali datang. Permukaan airnya sudah terlihat. Sementara itu, dua buah eskavator sedang mengeruk lumpur dari dasar waduk. "Pengerukan seperti ini harusnya dilakukan setiap hari," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA