Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Tiga Pendaki Unnes Kibarkan Merah Putih di Aconcagua

Rabu 04 Dec 2013 23:44 WIB

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Dewi Mardiani

Gunung Aconcagua

Gunung Aconcagua

REPUBLIKA.CO.ID,  SEMARANG -- Tiga Mahasiswa Pecinta Alam (Mahapala) Universitas Negeri Semarang (Unnes) kibarkan Merah Putih di puncak Aconcagua.  Ketiganya, Miftahul Ulum (23 tahun), Putra Tria Atmaja (22) dan Hermawati (22), sukses menaklukkan puncak gunung tertinggi di benua Amerika.
 
Berdasarkan komunikasi melalui sambungan internasional, ketiganya mampu mencapai puncak gunung berketinggian 6.962 mdpl, tepat pada tanggal 1 Desember 2013 lalu. “Karena kendala alat komunikasi dalam cuaca dingin, kabar keberhasilan ini baru dapat dikirimkan Selasa (3/12) kemarin,” ungkap Ketua Mahapala Unnes, Dwi Anggoro Saputro, Rabu (4/12).
 
Ia juga menjelaskan, ketiga anggota tim ekspedisi Aconcagua Mahapala Unnes ini bertolak dari Tanah Air menuju Buenos Aires, pada Kamis (14/11) lalu. Mereka mengawali pendakian gunung Aconcagua mulai 18 Nopember 2013 waktu setempat melalui camp Puente del Inca, Argentina. Setelah melaksanakan pendakian, ketiganya mampu menginjakkan kaki di puncak tertinggi gunung ini pada 1 Desember 2013, waktu setempat.
 
Anggoro juga menjelaskan, sejauh ini ketiga tim ekspedisi ini berada dalam kondisi yang masih fit dan cukup bagus untuk menuntaskan ekspedisi ini. “Mereka mulai melaksanakan perjalanan kembali ke camp Puente del Inca. Kami juga terus memantau perkembangan ini serta kondisi fisik mereka,” tambahnya.
 
Anggoro menambahkan, keberhasilan ke-tiga anggota Mahapala Unnes ini tak luput dari doa dan dukungan segenap masyarakat. “Kami berharap, kondisi ini dapat dipertahankan dan ketiganya dapat kembali ke Tanah Air sesuai dengan jadwal semula, 11 Desember 2013 nanti,” tambahnya.
 
Anggoro menambahkan, jalur perjalanan panjang yang terbagi dalam enam pos pendakian. Tiap-tiap pos bisa memakan waktu 8-10 jam perjalanan. Di antara mereka, hanya Miftahul Ulum yang telah memiliki ‘jam terbang’ menaklukkan puncak gunung di luar negeri. Mahasiswa fakultas teknik Unnes ini sebelumnya pernah menaklukkan puncak Elbrus di Rusia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA