Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Pasuruan Liburkan Sekolah Saat Haul, Ini Tanggapan Mendikbud

Sabtu 11 Jan 2014 17:03 WIB

Red: Mansyur Faqih

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh

Foto: ISTIMEWA

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN -- Mendikbud Mohammad Nuh tidak mempersoalkan kebijakan Wali Kota Pasuruan H Hasani yang memberlakukan liburan sekolah pada semua jenjang selama sehari saat haul (peringatan wafat setahun) KH Hamid bin Abdullah bin Umar.

"Fenomena sosial yang sudah mentradisi itu perlu dihormati. Yang penting, jam pelajaran yang diliburkan itu tidak hilang, tapi diganti pada hari lain. Sehingga tidak ada yang dirugikan," katanya di Pasuruan, Sabtu (11/1).

Wali Kota Pasuruan H Hasani menjelaskan kebijakan meliburkan sekolah itu sebenarnya merupakan keinginan para guru.

"Para guru itu juga ingin menghadiri haul Almaghfurllah Kyai Hamid. Karena itu mereka mengadu kepada saya dan akhirnya mulai tahun lalu ada kebijakan itu, meski banyak juga yang memprotes, tapi insya Allah kebijakan itu untuk kebaikan bersama," katanya.

Ia pun bertekad untuk meneruskan kebijakan itu hingga masa kepemimpinannya berakhir. "Itu sejalan dengan keinginan para ulama sendiri untuk menghormati Almaghfurllah Kyai Hamid," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Jatim H Saifullah Yusuf memuji kebijakan Wali Kota Pasuruan untuk meliburkan sekolah selama haul KH Hamid bin Abdullah bin Umar. "Mungkin beliau itu satu-satunya wali kota di Indonesia yang meliburkan sekolah saat haul," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA