Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

30 Penerbangan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Dibatalkan

Jumat 14 Feb 2014 16:01 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

  Petugas membersihkan abu vulkanik yang menutupi badan pesawat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (14/2). (Antara/Regina Safri)

Petugas membersihkan abu vulkanik yang menutupi badan pesawat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Jumat (14/2). (Antara/Regina Safri)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARBARU -- Sebanyak 30 penerbangan dari dan ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Provinsi Kalimantan dibatalkan sejak Jumat pagi karena ditutupnya empat bandara akibat letusan Gunung Kelud yang abunya menutupi bandara.

"Pembatalan penerbangan dari dan ke Bandara Syamsudin Noor karena empat bandara ditutup," ujar Kepala Seksi Pelayanan Pelanggan PT Angkasa Pura I Bandara Syamsudin Noor Anwar Budi di Banjarbaru, Jumat (14/2).

Ia mengatakan, rute penerbangan yang dibatalkan hanya berlaku pada empat bandara yakni Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Adi Sucipto Yogyakarta dan Bandara Ahmad Yani Semarang. Dirincikan, 30 penerbangan yang dibatalkan terdiri dari 9 penerbangan pesawat Lion Air dari Banjarmasin ke Surabaya pulang pergi sehingga ada 18 penerbangan batal, kemudian Citilink dan Garuda dua kali terbang.

Enam penerbangan ke Jawa Tengah yang dibatalkan adalah Lion Air dari dan ke Yogyakarta 4 kali penerbangan, dan Lion Air tujuan Semarang serta Kalstar tujuan Solo masing-masing dua kali penerbangan pergi pulang. "Jadi, hanya penerbangan dari Banjarmasin ke Jawa Timur dan Jawa Tengah yang dibatalkan, sedangkan penerbangan ke kota lainnya normal sesuai jadwal," ujar pegawai senior PT Angkasa Pura I Banjarmasin itu.

Dijelaskan, penutupan bandara dilakukan karena dampak letusan Gunung Kelud yang membawa abu vulkanik membahayakan penerbangan terutama jika abu masuk ke dalam bagian mesin pesawat. "Penutupan bandara diputuskan Dirjen Perhubungan Udara yang sudah mengeluarkan pemberitahuan terkait dampak letusan Gunung Kelud sehingga seluruh penerbangan ke bandara dihentikan," ungkapnya.

Dikatakan, Dirjen Perhubungan Udara sudah mengeluarkan Notice To Airman (Notam) yang memberitahukan penutupan empat bandara akibat meletusnya Gunung Kelud sehingga otoritas bandara menyikapinya. "Seluruh maskapai penerbangan sudah mendapat tembusan Notam sehingga mereka yang memberitahu calon penumpang bahwa penerbangan dibatalkan karena ditutupnya bandara," ujarnya.

Ditambahkan, sesuai isi Notam, penutupan empat bandara berlaku hingga Sabtu pagi sehingga selama itu pula penerbangan dari Banjarmasin ke bandara tersebut dan sebaliknya juga dibatalkan. "Besok akan dievaluasi apakah penerbangan bisa dilakukan atau tidak, jika bandara masih ditutup, otomatis penerbangan dibatalkan lagi sampai kondisi dinyatakan aman untuk penerbangan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA