Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Komisi III DPR Optimis Pilih Calon Hakim MK Sebelum Pemilu

Senin 17 Feb 2014 20:25 WIB

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih

Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari (kiri)

Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari (kiri)

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi III DPR memastikan rekrutmen calon hakim Mahkamah Konstitusi akan selesai sebelum pileg 9 April 2014. Masa reses DPR pada 6 Maret 2014 tidak dianggap sebagai hambatan.

"Sebelum coblosan sudah terpilih dua hakim baru," kata anggota Komisi III DPR, Eva K Sundari ketika dihubungi wartawan, Senin (17/2).

Saat ini, katanya, Komisi III masih menunggu surat permintaan dari MK untuk merekrut dua hakim baru. Begitu surat dari MK diterima, maka DPR akan segera melakukan rapat internal dan mulai membuka pengumuman rekrutmen hakim MK ke publik. 

"Jika surat MK datang sebelum reses maka, setelah reses segera bisa fit and proper test," ujarnya.

Menurutnya, tarik menarik kepentingan partai politik di pemilu tidak akan berpengaruh pada kualitas hakim MK mendatang. Karena Komisi III sudah memiliki sistem dalam proses seleksi hakim MK. 

"Penyelenggaraan seleksi adalah tradisi, sudah ada sistemnya. Pileg tidak akan berpengaruh pada perekrutan," papar politisi PDI Perjuangan tersebut.

Anggota Komisi III dari fraksi Partai Gerindra, Martin Hutabarat mengingatkan koleganya untuk berhati-hati memilih calon hakim MK. Jangan sampai memilih hakim MK yang kualitasnya seperti Akil Mochtar. 

"Saya tak ingin Komisi III memilih hakim MK seperti memilih Akil, jangan kayak milih Akil dulu tanpa fit and proper test," ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA