Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Taslim: Saya Belum Negarawan untuk Jadi Hakim MK

Rabu 19 Feb 2014 14:22 WIB

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih

Taslim Chaniago

Taslim Chaniago

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Fraksi PAN di Komisi III DPR, Taslim Chaniago, membantah berminat mengikuti seleksi calon hakim Mahkamah Konstitusi. Taslim beralasa, belum memenuhi unsur negarawan. "Saya belum negarawan. Belum cocok," kata Taslim di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (19/2).

Taslim menyatakan, seorang hakim MK bukan hanya mesti memahami bahasa hukum formal. Tetapi juga mesti paham filosofi hukum, empat pilar kebangsaan, dan konstitusi. Taslim mengaku lebih mengedepankan bab tahu diri. "Kalau saya mencalonkan diri, saya belum memenuhi syarat itu," ujarnya.

Sampai saat ini Taslim mengaku belum mendapat penugasan dari fraksi untuk mendaftar sebagai calon hakim MK. Dia berjanji akan menolak jika fraksi PAN memintanya menjadi hakim MK.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi III DPR, Aziz Syamsuddin mengungkapkan ada sejumlah politisi Senayan yang berminat mengikuti seleksi calon hakim Mahkamah Konstitusi. Antara lain, Taslim Chaniago (Fraksi PAN), Achmad Yani dan Dimyati Natakusumah (Fraksi PPP), Benny K. Harman dan Pieter Zulkifli (Fraksi Demokrat).

MK membutuhkan dua hakim baru untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Akil Mochtar dan Hardjono pada awal April 2014. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA