Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Waw.. Mahasiswa Australia Datang ke Surabaya Belajar Buat Sate Madura

Kamis 20 Feb 2014 10:46 WIB

Red: Didi Purwadi

Sate Ayam

Sate Ayam

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 19 mahasiswa Flinders University Australia belajar membuat sate ayam dalam "Summer Program 2014" bertajuk "The Ultimate Indonesia" di savana area Fakultas Psikologi Universitas Surabaya.

"Membuat masakan Indonesia berupa sate ayam yang mereka lakukan pada Rabu (19/2) itu merupakan bagian dari Summer Program yang mereka jalani pada 10-23 Februari 2014," kata staf Direktorat Kerja Sama Kelembagaan Ubaya, Ryza Cahaya, Kamis.

Dalam kesempatan itu, pihak Ubaya mendatangkan langsung pedagang sate ayam keliling untuk mempraktikkan proses pembuatan sate secara tradisional dengan menggunakan arang (bakaran), alat pemanggangan, dan kipas manual dari anyaman bambu.

"Untuk menambah kesan budaya Indonesia, pedagang sate tersebut menggunakan pakaian adat Madura yang merupakan tempat asal rata-rata pedagang sate, khususnya di Jawa Timur," katanya.

Selanjutnya, para mahasiswa asing itu mencoba membuat salah satu makanan tradisional Indonesia itu dan langsung dapat menyantap sate hasil bakarannya.

"Namun, karena sebagian mahasiswa asing itu vegetarian, maka panitia juga memfasilitasi dengan menyediakan olahan makanan gado-gado sehingga peserta yang vegetarian masih bisa mempraktikkan cara mambuat gado-gado yang juga asli Jawa Timur," katanya.

Rangkaian kegiatan "Summer Program 2014" itu bertujuan agar mahasiswa Flinders University Australia dapat mempelajari segala hal mengenai Indonesia.

"Mereka bisa mengenal berbagai hal mulai dari kerukunan umat beragama, keberagaman suku, bahasa, budaya, perekonomian, hukum adat, makanan, hingga obat-obatan tradisional," ungkapnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA