Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Saturday, 19 Rabiul Awwal 1441 / 16 November 2019

Alhamdulillah, Pendidikan di Cilegon Sudah Gratis

Sabtu 22 Feb 2014 06:49 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Pendidikan Gratis (ilustrasi)

Pendidikan Gratis (ilustrasi)

Foto: commons.wikimedia.org

REPUBLIKA.CO.ID, Cilegon, 21/2 (Antara) - Pemerintah Kota Cilegon, Banten, menggratiskan biaya pendidikan bagi seluruh siswa SMA, SMK dan madrasah aliyah (MA). "Seluruh biaya pendidikan itu ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," kata Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi, Jumat.

Ia mengatakan, program pendidikan gratis tersebut guna meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) dan menuntaskan wajib pendidikan selama 12 tahun. Pemerintah daerah berkomitmen membangun pendidikan untuk investasi masa depan yang lebih baik, sebab pendidikan bisa mengurangi angka kemiskinan dan kebodohan.

Karena itu, pihaknya bekerja keras agar masyarakat memiliki pendidikan yang layak dan baik. "Saya yakin dengan pendidikan gratis ini ke depan warga Cilegon tidak ada anak-anak putus sekolah," katanya.

Menurut dia, program pendidikan gratis itu merupakan kepedulian pemerintah daerah untuk membangun sumber daya manusia (SDM). Saat ini, kata dia, tingkat SDM di Kota Cilegon perlu ditingkatkan melalui pendidikan tersebut.

Pemerintah daerah menanggung biaya pendidikan gratis itu antara lain dana sumbangan pembangunan (DSP), sumbangan partisipasi pendidikan (SPP) dan biaya operasional sekolah. Ia mengimbau orang tua yang memiliki anak usia sekolah agar melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA dan SMK karena sudah digratiskan oleh Pemkot Cilegon.

"Kami meminta tidak ada lagi anak-anak di sini yang putus sekolah," katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada 180 pelajar SMA/SMK se-Kota Cilegon yang meraih prestasi bidang akademik. Pelajar yang berpretasi itu mendapat beasiswa dari Tenaris SPIJ sebuah perusahaan pabrik baja terbesar di dunia. "Kami berharap prestasi itu dipertahankan dengan giat belajar," katanya.

Presiden Direktur Tenaris SPIJ Lucio Costarossa mengatakan perusahaan tempatnya bekerja telah menbantu siswa berprestasi dengan dana sebesar Rp465 juta lebih untuk 180 siswa SMP dan SMA/SMK di 12 sekolah.
Pihaknya terus mendorong pendidikan secara berkesinambungan dan berkelanjutan di Kota Cilegon, sebab pendidikan merupakan proses jangka panjang yang perlu mendapat perhatian serius.

Selain itu, pendidikan sangat penting bagi masyarakat sehingga Tenaris SPIJ berkomitmen untuk mendukung peningkatan pendidikan. Kemajuan suatu bangsa dan negara terlihat dari peningkatan kualitas pendidikannya. "Kami terus mendukung dan membantu peningkatan kualitas pendidikan dengan memberikan bantuan beasiswa itu," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA