Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Misbakhun Dukung Usul Penggunaan HMP untuk Boediono

Ahad 02 Mar 2014 18:12 WIB

Red: Joko Sadewo

Misbakhun

Misbakhun

Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Langkah Chandra Tirta Wijaya yang menggulirkan wacana penggunaan hak menyatakan pendapat (HMP) atas Wakil Presiden Boediono menuai pujian dari inisiator angket kasus Century M Misbakhun.

Langkah Chandra sempat membuat Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa bereaksi keras. Ini karena jelas posisi Hatta berseberangan dengan Chandra Tirta.

Misbakhun mengatakan, Chandra sebagai anggota DPR memang punya hak menggulirkan penggunaan HMP. “Dia punya hak yang dijamin konstitusi,” ujar Misbakhun melalui pesan blackberry, Ahad (2/3).
  
Sangat bisa dipahami bila sejumlah pihak langsung kontra dengan usaha menghadirkan Boediono ke Timwas Century DPR, seperti yang dilakukan PAN. Misbakhun mengaku sudah menduga akan ada gerakan besar yang langsung mengaitkan usaha tersebut dengan hal sepele semacam usaha pencitraan.

Misbakhun menambahkan, undang-undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) sudah mengatur bahwa  setiap pejabat negara, pejabat pemerintah, badan hukum dan warga masyarakat  wajib memenuhi permintaan DPR. Karenanya, Misbakhun menyebut usulan yang dilontarkan Chandra itu mestinya didukung oleh anggota dan fraksi lain di DPR.

Jiwa kenegarawanan Boediono, dinilai Misbakhun lemah. Apa yang dilakukan Boediono itu selain dianggap  semakin memperburuk situasi, juga membuktikan mantan Gubernur Bank Indonesia itu sebagai pejabat negara tidak memberikan teladan yang baik.

"Untuk itu, ditempuhnya langkah politik Hak Menyatakan Pendapat pada Wakil Presiden Boediono adalah sangat tepat dan saya pribadi mendukung langkah tersebut," tegas Misbakhun

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA