Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Sulut Ekspor Rumah Panggung ke Australia

Senin 07 Apr 2014 09:42 WIB

Red: Nidia Zuraya

Rumah panggung woloan

Rumah panggung woloan

Foto: inforumah.net

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara (Sulut) Olvie Atteng mengatakan, provinsi ini Maret 2014, telah mengekspor rumah panggung khas masyarakat Minahasa ke Australia dengan volume 33,891 ton, menghasilkan devisa 17.500 dolar AS.

"Tahun 2014 merupakan pertama kali Sulut mengekspor rumah panggung ke Australia, hasil buatan pengrajin dari Kelurahan Woloan I, Kecamatan Tomohon Barat," Ungkap Atteng, di Manado, Senin (7/4).

Ia mengatakan, ekspor rumah panggung Woloan ke Australia bisa terwujud karena pembeli luar negeri percaya selain motif menarik, juga kualitas pembuatan rumah pengrajin di daerah ini sudah semakin baik dari waktu ke waktu. "Pemerintah daerah terus memberdayakan pengrajin sehingga kualitas yang dihasilkan makin baik," katanya.

Kelurahan Woloan Kota Tomohon sudah ditetapkan pemerintah daerah sebagai kawasan industri rumah panggung di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Sejak ditetapkan beberapa tahun lalu sebagai kawasan pengrajin rumah panggung, sudah mampu penuhi permintaan baik dari daerah lain di Indonesia juga permintaan dari beberapa negara.

"Rumah panggung Minahasa selain ke Australia juga sudah merambah negara-negara di Benua Eropa, Asia dan Amerika," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA