Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Pesawat Baru Kepresidenan Berwarna Biru untuk Kamuflase

Kamis 10 Apr 2014 14:25 WIB

Red: Muhammad Hafil

Pesawat kepresidenan.

Pesawat kepresidenan.

Foto: Republika/Esti Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pesawat baru kepresidenan buatan Boeing yang baru tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta berwarna biru antara lain karena alasan keamanan agar mudah berkamuflase.

"Biru berarti warna kamuflase karena sama dengan langit," kata Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi di Jakarta, Kamis (10/4).

Menurut dia, selama proses pembuatannya, Sekretariat Negara sebagai pihak yang memesan pesawat diberikan pilihan sebanyak 14 alternatif warna.

Sudi mengemukakan, karena hal itu merupakan otoritas dari Setneg, maka pihaknya mengundang sejumlah pakar termasuk desainer dari TNI Angkatan Udara.

Ia juga menuturkan bahwa warna biru yang terdapat dalam pesawat kepresidenan juga mirip dengan warna kebanggaan TNI AU yang mengoperasikan pesawat.

Mensesneg mengungkapkan, secepatnya pesawat baru kepresidenan itu akan disertifikasi oleh pihak Kementerian Perhubungan.

"Minggu depan akan mulai diujicobakan," ujarnya.

Menurut dia, pihak yang akan lebih banyak menggunakan pesawat itu untuk perjalanan dinas kepresidenan adalah presiden mendatang yang terpilih hasil Pemilu 2014.

Sedangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diperkirakan hanya bisa menggunakan pesawat baru itu sekitar 2-3 kali.

Ia juga menegaskan, bahwa proses pembelian pesawat itu dari Boeing transparan dan akuntabel karena pihaknya melibatkan banyak pihak termasuk BPK dan BPKB.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA