Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Dubes RI: AS Butuh Indonesia, Indonesia Butuh AS

Kamis 08 May 2014 13:36 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Maman Sudiaman

Dubes RI untuk AS, Budi Bowoleksono menerima cinderamata dari Kahumas Pemprov Sumsel, Irene Camelyn

Dubes RI untuk AS, Budi Bowoleksono menerima cinderamata dari Kahumas Pemprov Sumsel, Irene Camelyn

Foto: Maspril Aries/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gagasan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), alex noerdin mengembangkan pendidikan jurnalistik di Palembang mendapat dukungan Duta Besar Republik Indonesia (RI) Budi Bowoleksono. Dukungan itu pun ditindaklanjuti dengan enandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan School of Jurnalism Universitas Missouri.

Saat menjamu makan siang rombongan dari Indonesia, Rabu (7/5) waktu setempat, Dubes Budi Bowoleksono mengatakan, “Kedutaan siap membantu mewujudkan kerjasama yang telah dirintis Gubernur Sumsel Bapak Alex Noerdin dengan Universitas Missouri.”

Kepada Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sumsel Irene Camelyn, Dubes Budi mengungkapkan, “Kami sangat yakin kerja sama di bidang jurnalistik antara Universitas Missouri dengan Sumatera Selatan ini sangat strategis. Kami akan menyiapkan langkah strategis untuk mempermudah segala urusan dengan pihak universitas Missouri. Amerika Serikat butuh indonesia, Indonesia butuh Amerika,” kata Dubes RI yang sebelumnya bertugas di Kenya.

Mendengar dukungan tersebut, Irene menjelaskan, apa yang dilakukan Gubernur Sumsel Alex Noerdin ke AS adalah merupakan bentuk kepeduliannya terhadap perkembangan pers nasional.

“Gubernur Sumsel memandang penting mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas di bidang jurnalistik dengan mendirikan perguruan tinggi jurnalisme. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sudah mempersiapkan lahan untuk pembangunan kampus perguruan tinggi jurnalisme di Palembang,” kata Irene yang didampingi pengurus PWI Pusat Marah Sakti dan Atal Depari serta Direktur Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Ahmed Kurnia.

Pilihan kerjasama dengan Universitas Missouri menurut Dubes RI, merupakan pilihan tepat karena universitas yang berada di negara bagian Missouri tersebut merupakan salah satu perguruan tinggi di AS yang memiliki sekolah jurnalisme terbaik dan tertua.

Selain bertemu Dubes RI dan staf, rombongan juga mengunjungi kantor dan studi Voice of America (VOA). Dalam kunjungan tersebut rombongan disambut pimpinan VOA dan para jurnalis serta host  VOA Indonesia diantaranya Helmi Johannes, Irna Sinulingga, Patsy Widakuswara dan Ade Astuti.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA