Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Dinas Pertanian dan Perikanan Depok Ajak Anak-Anak Gemar Makan Ikan

Rabu 20 Aug 2014 20:49 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Julkifli Marbun

Kerumunan ikan

Kerumunan ikan

Foto: Sony Soemarsono

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengajak masyarakat, khususnya anak-anak untuk gemar makan ikan.

"Kami ingin mensosialisasikan kepada masyarakat Depok terutama anak-anak untuk gemar makan ikan karena ikan mengandung banyak kandungan gizi esensial yang sangat bermanfaat. Perlu diketahui, setiap ekor ikan mengandung berbagai macam mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti iodium, seng, kalium, kalsium, vitamin, protein, dan asam lemak yang sangat bermanfaat untuk kesehatan serta membantu perkembangan otak dan kecerdasan anak," ujar Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Distankan Pemkot Depok, Ita Wilda saat mengadakan sosialisasi program “Gerakan Gemar Makan Ikan” di SDN Pancoran Mas 6, Kelurahan Pancoran Mas, Depok, Rabu (20/8).

Menurut Ita, gedrakan Gemar Makan Ikan dilakukan dengan menggunakan metode pelaksanaan berupa sosialisasi Gemar Makan Ikan kepada 5.500 orang anak usia sekolah di 11 Sekolah Dasar di seluruh kecamatan di Kota Depok dan anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Kelurahan. Sosialisasi ini mendatangkan narasumber dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI). Selanjutnya diberikan paket konsumsi ikan.

"Diharaphan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran gizi individu dan kolektif masyarakat akan gemar mengkonsumsi ikan, serta mendorong peningkatan konsumsi ikan sehingga tercipta generasi yang berkualitas," terang Ita yang mengungkapkan, masih rendahnya rata-rata tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia adalah hal yang patut disayangkan, mengingat sebagai sumber pangan, ikan mengandung banyak kandungan gizi esensial yang sangat bermanfaat untuk kesehatan serta membantu perkembangan otak dan kecerdasan anak.

Sementara itu, lanjut Ita, kandungan omega 3 pada ikan dan hasil laut lainnya seperti tiram, udang, cumi melebihi 100 mg/100 gram berat ikan yang dapat dimakan, jauh diatas bahan pangan lain seperti sapi 22 mg/100 gram BDD, ayam 19 mg/100 gram BDD, terlebih lagi babi 0 mg/100 gram BDD.

Diungkapkan Ita, Sekolah Dasar di Kota Depok yang telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Depok untuk menggelar Kegiatan Gemar Makan Ikan yakni SDN Bedahan 4 di Kecamatan Sawangan, SDN Harjamukti 1 di Kecamatan Cimanggis, SDN Kalimulya 5 di Kecamatan Cilodong, SDN Mekarjaya 31 di Kecamatan Sukmajaya, SDN Meruyung di Kecamatan Limo, SDN Duren Seribu 3 di Kecamatan Bojongsari, SDN Ratujaya 2 di Kecamatan Cipayung, SDN Cimpaeun 2 di Kecamatan Tapos, SDN Pangkalan Jati 2 di Kecamatan Cinere, SDN Beji 6 di Kecamatan Beiji, dan SDN Pancoran Mas 6 di Kecamatan Pancoran Mas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA