Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Cegah Ebola, Ini yang Dilakukan Bandara Kualanamu

Rabu 13 Agu 2014 18:21 WIB

Red: M Akbar

Terminal Keberangkatan Luar Negeri Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumut.

Terminal Keberangkatan Luar Negeri Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumut.

Foto: Antara/Irsan Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Manajemen Bandar Udara Internasional Kualanamu memasang alat pemindai untuk mengetahui kemungkinan adanya penumpang yang terinfeksi virus ebola.

General Manager Bandara Kualanamu Tengku Said Ridwan mengatakan setelah mendapatkan informasi kewaspadaan terkait virus ebola, pihaknya langsung menjalin kerja sama kantor kesehatan pelabuhan.

Melalui kerja sama tersebut, pihaknya memasang alat khusus di pintu masuk terminal kedatangan internasional untuk memindai seluruh penumpang yang tiba dari luar negeri. "Sudah semingu ini alat itu telah kami pasang," katanya di Medan, Rabu (13/8).

Menurut dia, seluruh penumpang yang datang dari luar negeri harus melewati alat pemindai tersebut guna mengetahui kemungkinan terinfeksi virus yang mematikan tersebut.

Keharusan itu diberlakukan karena penumpang lain kemungkinan besar terinfeksi virus ebola jika ada satu penumpang terkena virus yang sedang menjadi perhatian internasional itu.

Pihaknya akan mengambil kebijakan tegas dengan membalikkan penumpang yang mungkin terinfeksi virus ebola ke negara asal keberangkatan virus tersebut. Dengan demikian, penumpang itu tidak bisa masuk ke Tanah Air, terutama di Sumatera Utara. "Jika ada penumpang yang terdeteksi (virus ebola), kami balikkan," katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan adanya penumpang yang enggan dipindai, Said Ridwan mengatakan bahwa pengelola Bandara Kualanamu akan melakukan langkah persuasif untuk mengantisipasi masuknya virus tersebut.

"Demi kebaikan bersama, kami akan arahkan penumpang itu baik-baik," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA