Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Yuk, Belanja Batik di Ruang Pamer Batik Wijirejo Bantul

Senin 16 Mar 2015 14:42 WIB

Red: Indira Rezkisari

Batik

Batik

Foto: Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -  Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan ruang pameran batik di wilayah Desa Wijirejo Kecamatan Pandak untuk memajukan dan mendorong produk unggulan di sentra kerajinan tersebut.

"Dengan adanya 'show room' batik ini diharapkan mampu menampung 26 perajin batik di Desa Wijirejo yang telah menyerap 177 tenaga kerja," kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bantul, Nyonya Sumarno di sela pembukaan ruang pamer batik, Senin (16/3).

Dengan demikian, kata dia, setiap orang yang membutuhkan batik akan langsung mengetahui dan menuju ke lokasi ruang pamer ini untuk datang, melihat dan membeli serta membawa produk kerajinan yang disediakan. "Di ruang pamer ini menyediakan berbagai macam batik, harapan saya perajin tetap dapat berproduksi dan meningkatkan produksinya serta memanfaatkan show room batik ini dengan sebaik-baiknya," kata istri Wakil Bupati Bantul ini.

Menurut dia, salah satu potensi industri kerajinan di Bantul berupa batik, suatu proses hasil cipta rasa dan karsa yang memadukan kreativitas, ketekunan, ketelitian dan kesabaran yang dibuat oleh para perajinnya.

Sebab, menurut dia, batik yang diproduksi di Bantul tidak diperkenankan dibuat secara printing, filosofi kata "batik" sendiri yang berasal dari "mbabar" dan "nitik" menunjukkan bahwa proses pembuatannya menggunakan malam dan canting.

"Tidak berlaku ketika itu dibuat secara printing, apalagi dewan kerajinan nasional dunia (word craft center) telah menetapkan Yogyakarta sebagai kota batik dunia tanggal 20 Oktober 2014," katanya.

Ia mengatakan, batik sebagai salah satu produk kerajinan unggulan Bantul terdapat di beberapa wilayah sentra salah satunya di Desa Wijirejo, sehingga harapannya sektor ini terus didorong dengan peningkatan keterampilan pada perajinnya. "Pengembangan mutu dan bantuan mesin peralatan sampai pemasaran tingkat lokal, regional maupun internasional sudah dilakukan setiap tahun, pada tahun ini pemerintah memberikan dukungan dalam bentuk ruang pamer," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA