Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

BI Jember Sediakan Penukaran Uang Rp 2,8 Triliun

Sabtu 18 Jun 2016 13:20 WIB

Red: Nidia Zuraya

Warga antre ditempat penukaran uang yang disediakan Bank Indonesia (BI). (Republika/ Edi Yusuf)

Warga antre ditempat penukaran uang yang disediakan Bank Indonesia (BI). (Republika/ Edi Yusuf)

Foto: Republika/ Edi Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember, Jawa Timur, menyediakan modal penukaran uang pecahan sebanyak Rp 2,8 triliun untuk lima kabupaten di wilayah kerjanya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jember Ferry Tumpal D Saribu mengatakan jumlah uang pecahan yang disiapkan selama Ramadhan dan Lebaran 2016 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya karena tingginya permintaan dari masyarakat di wilayah kerja BI Jember.

"Jumlah tersebut meningkat sebanyak 22 persen dibandingkan kebutuhan uang kartal tahun lalu yang sebesar Rp 2,3 triliun di lima kabupaten yakni Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang yang menjadi wilayah kerja BI Jember," tuturnya di Jember, Sabtu (18/6).

Menurutnya, peningkatan jumlah nominal uang yang disediakan untuk kebutuhan Lebaran tersebut sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jember yang meningkat, serta rencana pembayaran gaji ke-13 dan rapelan kenaikan gaji PNS pada awal bulan Juli 2016.

"BI Jember melakukan sinergi dengan perbankan dan pemerintah kabupaten setempat dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terkait uang pecahan cetakan baru untuk persiapan menjelang Lebaran," katanya.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES