Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Belitung Fair 2016 Dukung Pengembangan Potensi Pariwisata Lokal

Kamis 11 Aug 2016 21:35 WIB

Red: M Akbar

Wisatawan menikmati keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kamis (10/3).  (Republika/Raisan Al Farisi)

Wisatawan menikmati keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung, Kamis (10/3). (Republika/Raisan Al Farisi)

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Pemerintah Kabupaten Belitung secara resmi membuka acara Belitung Fair 2016 yang diadakan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Belitung. Peresmian dilakukan oleh Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Pantai Tanjung Pendam. Acara ini diadakan demi merangkul masyarakat Belitung agar turut berpartisipasi mempromosikan dan mengembangkan potensi alam dan sumber daya masyarakat lokal.

“Melalui Belitung Fair, kami optimistis mampu memperkaya dan memperluas pemahaman masyarakat luas terhadap potensi yang dimiliki Belitung, terutama untuk potensi pariwisatanya. Lebih jauh lagi, kami ingin menarik minat wisatawan baik domestik dan mancanegara, untuk berwisata ke Belitung,” katanya Sahani, Kamis (11/8).

Belitung Fair merupakan acara tahunan yang diadakan dalam memperingati hari jadi kota Tanjung Pandan ke-178 yang jatuh setiap 1 Juli. Pada tahun keenam pelaksanaannya, Belitung Fair diikuti lebih dari 54 peserta pameran, baik dari dalam maupun dari luar pulau.

Rangkaian acara Belitung Fair 2016 meliputi pameran berbagai produk Usaha Kecil  Menengah (UKM) lokal berupa pernak-pernik, produk kuliner, produk pariwisata, serta tersedia juga layanan informasi seputar peluang investasi bagi masyarakat sekitar.

“Belitung memiliki beragam sumber daya alam dan sumber daya masyarakat yang kaya dan berkualitas. Dari segi sumber daya alam, selama ini citra Pulau Belitung lekat dengan ikon penghasil timah yang memiliki kualitas tinggi,” ujar Sahani.

Sahani menyatakan Pulau Belitung merupakan salah satu opsi dari banyaknya destinasi wisata di Indonesia yang terkenal dengan potensi alamnya. ''Kami memiliki destinasi wisata antara lain pertambangan, perkebunan, kelautan hingga keindahan alamnya. Untuk itulah kami berusaha untuk memanfaatkan anugerah ini,'' katanya.
 
Menurut data Biro Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Belitung memiliki jumlah penduduk 178 ribu jiwa pada tahun 2016. Di tahun 2015, Kabupaten Belitung telah mampu menarik 251 ribu wisatawan, jumlah tersebut meningkat sebesar 70 ribu wisatawan dari dari tahun sebelumnya. Sahani menargetkan pada 2025, pihaknya berharap bisa mendatangkan lebih dari 2 juta wisatawan.

''Untuk mewujudkan target tersebut tentunya harus diperkenalkan kepada masyarakat lebih luas bahwa di Belitung memiliki destinasi yang menarik untuk dikunjungi,'' ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA