Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Lima Jenazah TKI Diterbangkan ke Lombok

Sabtu 05 Nov 2016 14:28 WIB

Red: Agus Yulianto

Petugas mengevakuasi korban meninggal tenggelamnya kapal yang mengangkut sejumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) di Teluk Mata Ikan, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (2/11).

Petugas mengevakuasi korban meninggal tenggelamnya kapal yang mengangkut sejumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) di Teluk Mata Ikan, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (2/11).

Foto: Antara/M N Kanwa

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepala Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Wilayah Mataram Mucharrom mengatakan, lima jenazah tenaga kerja Indonesia yang teridentifikasi sudah diterbangkan dari Batam, Kepulauan Riau, menuju Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.


"Kami dapat informasi dari BP3TKI Tanjung Pinang, bahwa kelima jenazah TKI asal Lombok sudah dalam perjalanan menggunakan pesawat Garuda GA 153 dari Batam," kata Mucharrom, Sabtu (5/11).

Dia mengatakan, pesawat yang membawa kelima jenazah TKI asal Lombok tersebut terlebih dulu transit di Jakarta, kemudian melanjutkan penerbangan dan diperkirakan tiba di Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah pada pukul 18.50 WITA. Dari lima jenazah TKI tersebut, satu di antaranya berasal dari Kabupaten Lombok Timur, yakni Ating Fatmawati (33) berasal dari Kampung Permai, Pijot, Kecamatan Keruak.

Sementara empat jenazah lainnya berasal dari Kabupaten Lombok Tengah, yakni Rukmin (39), alamat Wage, Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat, Mahrun (49) dan istrinya Zainab (39), asal Tanang Embang Daye, Desa Selebeng, Kecamatan Kilang, dan Aisyah (27), asal Reban Burung, Desa Aik Berik, Kecamatan Bagek Nunggal.

Semua jenazah dipulangkan hingga ke kampung halamannya dengan biaya ditanggung sepenuhnya oleh Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). "Kami juga sudah menyiapkan lima mobil ambulans di bandara untuk mengantar jenazah hingga diterima keluarga di rumahnya," ucap Mucharrom.

Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) NTB Ahsanul Khalik mengatakan, pihaknya akan menjemput kelima jenazah tersebut di bandara bersama dengan jajaran Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi NTB, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri, serta BP3TKI NTB. Dia juga memastikan seluruh TKI asal NTB korban selamat dari peristiwa kapal tenggelam akan segera dipulangkan dari Batam karena pemerintah sudah melakukan proses pengurusan dokumen.

Kelima jenazah TKI asal Pulau Lombok itu merupakan bagian dari 12 korban kapal tenggelam di perairan Batam, Kepri, pada Rabu (2/11), yang meninggal dunia dan sudah teridentifikasi. Tim Disaster Victim Investigation (DVI) Polda Kepri dibantu dokter dari Mabes Polri berhasil mengidentifikasi 12 jenazah dari 54 jenazah yang sudah ditemukan.

Hingga Jumat (4/11), tim SAR gabungan sudah berhasil menemukan 54 orang jenazah, 41 orang korban selamat dari peristiwa tersebut. Enam orang masih dinyatakan hilang dan masih dalam proses pencarian.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA