Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Monday, 20 Zulhijjah 1441 / 10 August 2020

Gunakan Gerbong Baru, KA Kamandaka Siapkan Gerbong Khusus Difabel

Senin 27 Feb 2017 21:45 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Hazliansyah

Stasiun Purwokerto

Stasiun Purwokerto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pengguna jasa transportasi KA rute Purwokerto-Semarang, khususnya pengguna KA Kamandaka, saat ini akan merasa lebih nyaman. Hal ini karena gerbong yang digunakan pada rangkaian KA tersebut merupakan gerbong baru yang juga memiliki desain interior baru.

"KA Kamandaka dengan gerbong baru ini memang masih merupakan KA kelas ekonomi. Namun karena desain interior dibuat berbeda dengan KA ekonomi lainnya, maka penumpang KA ini akan merasa lebih nyaman," jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Irfan Hendriwinoto, Senin (27/2).

Dia menyebutkan, KA Kamandaka dengan desain interior baru tersebut mulai dioperasikan 23 Februari 2017 lalu.

Manajer Angkutan Penumpang PT KAI Daop 5 Purwokerto, Kuscahyono, menyebutkan dalam desain baru tersebut, jumlah penumpang di setiap gerbong menjadi lebih sedikit dibandung gerbong KA ekonomi model lama. Jika sebelumnya kapasitas penumpang sebanyak 106 orang, maka pada model baru ini hanya berisi 80 penumpang.

"Dengan demikian, lokasi tempat duduk antarpenumpang juga menjadi lebih lega," jelasnya.

Berkurangnya jumlah penumpang tersebut, antara lain karena komposisi tempat duduk per baris mengalami perubahan. Bila pada model lama komposisi tempat duduk dibuat dua-tiga, maka pada model baru dibuat dua-dua.

Selain itu juga terdapat satu gerbong KA khusus penyandang disabilitas. Pada gerbong ini disediakan tempat khusus untuk menaruh kursi roda, sehingga jumlah penumpangnya hanya 64 orang saja.

Dia menyatakan, meski KA tersebut merupakan KA yang disediakan untuk memudahkan para difabel, namun KA tersebut juga bisa digunakan oleh penumpang umum. "Namun bila terdapat difabel yang akan menumpang, prioritasnya diberikan pada mereka," jelasnya.

Irfan mengharapkan, inovasi yang dihadirkan oleh PT KAI ini akan mendapat respons yang baik dariu masyarakat.

"Semoga dengan pengoperasikan KA Kamandaka New Image ini, pelayanan yang diberikan PT KAI menjadi lebih memuaskan," jelasnya.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA