Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Thursday, 12 Rabiul Awwal 1442 / 29 October 2020

Ini Kekhawatiran Mahfud MD Terhadap Insiden Khalid Basalamah

Senin 06 Mar 2017 04:52 WIB

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Teguh Firmansyah

Mahfud MD

Mahfud MD

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tindakan GP Ansor kepada Khalid Basalamah dikhawatirkan akan memicu reaksi yang tidak baik di beberapa daerah. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2011, Mahfud MD saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (5/3) malam.

Mahfud menjelaskan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi aksi serupa di beberapa tempat lain. Aksi pengusiran, kata dia, akan terjadi misalnya, di tempat kelompok pendukung Khalid lebih dominan.

"Kalau main kekerasan itu, bahayanya itu, nanti di daerah di mana kelompok pendukung khalid ini kuat, atau di daerah islam yang minoritas, orang akan bisa melakukan tindakan sendiri juga," ujarnya.

Jika hal tersebut dibiarkan, kata dia, akan terjadi hal yang serupa di daerah-daerah Banser Nahdlatul Ulama (NU) tidak menjadi mayoritas. "Itu bisa dibubarkan juga, misalnya di Papua, di Timor, Sumatra Utara, itu bisa mengundang kelompok lain melakukan tindakan yang sama," katanya.

Baca juga, Ini Penjelasan Polisi Soal Insiden Khalid Basalamah.


Untuk itu, Mahfud berpesan agar masyarakat menahan diri dari segala macam bentuk tindakan reaktif yang bisa mengundang kekerasan. "Jangan sampai ada aksi ada reaksi, apalagi ini sesama Islam ya," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA