Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Cirebon Gelar Festival Keraton Nusantara September

Kamis 06 Apr 2017 20:54 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ilustrasi.

Ilustrasi.

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kota Cirebon, Jawa Barat, pada bulan September 2017 mendatang menggelar Festival Keraton Nusantara (FKN) yang ke 11 dan diikuti oleh 50 Keraton peserta serta 100 peninjau.

"Alhamdulillah setelah 20 tahun kita pernah menjadi tuan rumah FKN tepatnya di tahun 1997, kini pada September mendatang Cirebon kembali menjadi tuan rumah," kata Sultan Sepuh ke XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat di Cirebon, Kamis (6/4).

Arief menuturkan sebanyak 50 Keraton peserta dan 100 Keraton peninjau nantinya akan mengikuti FKN yang akan diselenggarakan pada tanggal 15-20 September 2017.

FKN sendiri akan bertempat di Keraton yang berada di Kota Cirebon, seperti, Kasepuhan, Kanoman dan Kacirebonan, serta satu situs Taman Gua Sunyaragi. Dalam pagelaran akbar tersebut, nantinya akan disajikan rangkaian acara seni dan budaya yang bercirikan ke Keraton.

Rencananya pembukaan FKN bertempat di Alun-alun Keraton Kasepuhan, sementara materi FKN di antaranya adalah kirab prajurit, pameran benda pusaka, musyawarah antar raja, seminar budaya dan pariwisata serta ada beberapa pameran.

"Untuk persiapannya sendiri kami dari keraton menyiapkan tempat dan materinya, sementara dari Dinas yang berkaitan baik Pemprov maupun Kota menyiapkan anggaran," tambahnya.

Dia berharap dengan adanya FKN masyarakat bisa turut ikut serta dan datang ketika dilangsungkannya acara tersebut. Karena menurutnya ada banyak agenda seperti pagelaran seni, budaya, pameran benda pusaka dan lain sebagainya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA