Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Ratusan Rumah Warga di Situbondo Terendam Banjir Rob

Senin 29 Jan 2018 07:31 WIB

Red: Bayu Hermawan

Banjir rob.

Banjir rob.

Foto: Antara.
Ketinggian air yang merendam permukiman warga berkisar antara 30 cm hingga 50 cm.

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Sekitar seratusan rumah warga yang berada di Desa Pesisir, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terendam banjir rob pada Ahad (28/1) malam. Ketinggian air yang merendam permukiman warga berkisar antara 30 cm hingga 50 cm.

"Banjir rob terjadi pada Minggu (28/1) malam mulai sekitar pukul 20.00 WIB dan banjir air laut pasang tersebut merendam rumah warga tiga dusun di Desa Pesisir, Kecamatan Besuki," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriyono di Situbondo, Senin (29/1) pagi.

Puriyono menyebutkan, seratusan rumah warga yang terendam banjir air laut pasang di tiga dusun itu yakni, Dusun Mandaran RT 02 RT 01 sebanyak 90 rumah (KK), Dusun Mandaran Karang Tambek RT 04 RW 01 sebanyak 10 rumah dan di Dusun Gudang RT 02 RW 02 sembilan rumah. Saat petugas Pusdalops BPBD Situbondo ke lokasi banjir rob, katanya, rumah warga masih terendam banjir air laut pasang dan ketinggian air mencapai 30 Cm hingga 50 Cm.

"Kami (Pusdalops) melakukan upaya pemantauan tinggi gelombang perairan laut sepanjang Pantai di Situbondo, dengan mengerahkan personel Pusdalops BPBD dan relawan untuk assesment di titik-titik rawan bencana untuk mendapatkan informasi tentang kondisi lapangan dan kebutuhan warga yang mendesak," katanya.

Puriyono menambahkan, tingginya gelombang di wilayah barat Kabupaten Situbondo itu tidak hanya menyebabkan banjir air laut pasang, namun dua titik infrastruktur pelengsengan rusak barat.

"Titik satu pelengsengan rusak atau jebol dihantam gelombang sepanjang kurang lebih 15 meter dan di titik lainnya pelengsengan juga jebol sepanjang sekitar 10 meter," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA