Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Lombok Utara Resmikan Pasar Kawasan Perdesaan

Selasa 20 Feb 2018 22:48 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah

Bupati Lombok Najmul Akhyar (tengah) berbagi rahasia sukses mengembanngkan wisata halal pada seminar industri halal yang digelar di kampus STEI SEBI, Depok, Sabtu (11/3/2017).

Bupati Lombok Najmul Akhyar (tengah) berbagi rahasia sukses mengembanngkan wisata halal pada seminar industri halal yang digelar di kampus STEI SEBI, Depok, Sabtu (11/3/2017).

Foto: Dok SEBI
Pembangunan pasar kawasan pedesaan merupakan bantuan Kemendes PDTT

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK UTARA -- Pemerintah Kabupaten Lombok Utara meresmikan pasar kawasan pedesaan di Pemenang, Lombok Utara, NTB, Selasa (20/2). Pasar kawasan pedesaan ini mendapat bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar mengucapkan terima kasih kepada Kemendes PDTT atas bantuan untuk Pasar Kawasan Pedesaan ini. Najmul menyampaikan, program bantuan dan komitmen pemerintah pusat yang ingin membangun bangsa dari pinggiran sejalan dengan tujuan Pemkab Lombok Utara.

"Mengingat jargon Presiden membangun Indonesia dari pinggiran, maka di Kabupaten Lombok Utara juga membangun kabupaten dari desa. Kemajuan kabupaten dilihat dari kemajuan desa-desa," ujar Najmul, Selasa.

Najmul menyebutkan, beberapa program yang mendukung pengembangan desa, meliputi perekrutan 33 tenaga pendamping desa yang diharapkan memacu penciptaan 10 ribu wirausaha baru hingga penempatan satu dokter dan satu ambulan tiap desa.

"Baru satu-satunya di NTB, Pemkab Lombok Utara melakukan program /Universal Coverage. Jadi, masyarakat Lombok Utara yang sakit tidak perlu ditanya kartu lagi, karena semua sudah ditanggulangi pembayarannya oleh pemda," kata Najmul.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2KBPMD) Kholidi menyampaikan, pembangunan pasar kawasan pedesaan merupakan bantuan Kemendes PDTT yang diarahkan pengelolaannya pada BUMDes Bersama.

Dinas P2KBPMD, lanjut Kholidi, juga mendapat amanah memfasilitasi pembangunan desa wisata bantuan Kemendes yang ada di Dusun Kerujuk, Desa Pemenang Barat.

"Kampung wisata Kerujuk merupakan desa wisata dalam rangka nawa cita Presiden Jokowi, membangun Indonesia dari pinggiran," kata Kholidi.

Dirjen Bidang Pembangunan Kawasan Perdesaan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Ahmad Erani Yustika mengapresiasi komitmen Pemkab Lombok Utara dalam memajukan sektor Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Lombok Utara.

Menurut Ahmad, komitmen ini sangat penting dalam melindungi para pelaku UMKM untuk bisa terus bersaing.

"Pak Bupati punya misi kokoh untuk melindungi UMKM dan hal ini tentu akan memperkuat pembangunan di desa," ujar Ahmad. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA