Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Puluhan Peserta Ikuti Kompetisi Menulis Artikel Bahasa Jawa

Ahad 25 Feb 2018 17:09 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yusuf Assidiq

Penyerahan hadiah pemenang Wiki Mrebawani II.

Penyerahan hadiah pemenang Wiki Mrebawani II.

Foto: Neni Ridarineni.
Saat ini, pengguna bahasa Jawa mencapai sekitar 80 juta orang di seluruh dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA –  Wikimedia Indonesia menyelenggarakan Wiki Mrebawani II berupa kompetisi menulis artikel bahasa Jawa. Kegiatan ini diselenggarakan selama 15 April 2017 sampai 20 Februari 2018 yang dibagi dalam dua tahap dan tahap pertama sudah selesai September 2017.

Ketua Umum Wikimedia Indonesia, Biyanto Rebin, menuturkan kompetisi ini sekaligus berupaya mencari orang yang peduli dengan bahasa Jawa dan menulis dalam bahasa Jawa. “Mereka pun diharapkan dapat mengisi konten Wikimedia dalam bahasa Jawa,” ujarnya,   pada acara Penutupan Wiki Mrebawani II, di Gedung Data Tamansiswa Yogyakarta,  Ahad (25/2).

Dikatakan, jumlah peserta Wiki Mrebawani II tahap pertama sebanyak 60 orang tetapi yang aktif hanya 16 orang dengan 1.824 artikel. Sebagai pemenang pertama adalah Gunarto seorang PNS dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surabaya, tetapi asalnya dari Wates.

Ia mengungkapkan, saat ini pengguna bahasa Jawa mencapai sekitar 80 juta orang di seluruh dunia. Akan tetapi bahasa Jawa tersebut diperkirakan dalam 50 tahun lagi akan hilang, karena sekarang anak-anak sudah jarang yang menggunakan dalam percakapan sehari-hari.

“Supaya bahasa  daerah di Indonesia termasuk bahasa Jawa bisa dilestarikan, maka Wikimedia menyajikan Wikipedia dalam 10 bahasa,” kata dia.

Kesepuluh bahasa tersebut dilestarikan dengan dimasukkan dalam  Wikipedia Jawa, Wikipedia Sunda, Wikipedia Aceh, Wikipedia Minang, Wikipedia Banjar, Wilupedia Melayu, hingga Wikipedia Banyumasan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA