Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Tuesday, 19 Rajab 1440 / 26 March 2019

Bupati Tegal Non Aktif Berpulang

Senin 14 May 2018 22:16 WIB

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Esthi Maharani

Enthus Susmono

Enthus Susmono

Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Ia diduga meninggal akibat serangan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG-- Calon bupati (cabup) Tegal, Enthus Susmono berpulang ke Rahmatullah, Senin (14/5) petang. Cabup pejawat ini sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soeselo, Slawi, Kabupaten Tegal, diduga akibat serangan jantung.

 

Cagub yang berpasangan dengan Umi Azizah pada pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Tegal 2018 ini telah menghadap Sang Khaliq, pada pukul 19.10 WIB.

 

Perihal wafatnya cagub nomor urut 3 ini dibenarkan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal, Sinung N Rahmadi. Ia membenarkan Enthus yang juga seniman dalang ini berpulang.

 

Saat serangan jantung terjadi, Enthus sedianya akan menghadiri acara bertemu dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Jatinegara. Upaya pertolongan sudah dilakukan dengan melarikan ke RSUD dr Soeselo.

 

Sebelumnya, masih jelas Sinung, saat dalam perjalanan Enthus mengaku merasakan nyeri pada dada sebelah kiri. Ia bahkan sempat meminta pengawal pribadinya untuk memijit bagian kiri punggungnya dalam perjalanan.

 

Tak lama kemudian Entus muntah dan kondisinya terus memburuk. Akhirnya dibawa ke klinik terdekat di wilayah Kecamatan Jatinegara. Namun karena keterbatasan peralatan, Enthus segera dirujuk ke RSUD dr Soeselo, Slawi.

 

Namun, Allah SWT berkehendak lain dan pria kelahiran Tegal 21 Juni 1966 ini jiwanya tidak tertolong dan wafat dalam usia 52 tahun.

 

Sementara itu, selain menjadi bupati, Enthus juga dikenal sebagai seniman wayang kulit. Dalam dunia kesenian wayang ia merupakan sosok dalang yang akrab dengan julukan Dalang Edan.

 

Sedianya Enthus bakal maju kembali pada pilkada Kabupaten Tegal tahun 2018 yang bakal diikuti tiga pasangan calon. Saat ini almarhum juga tercatat sebagai Bupati Tegal non aktif.

 

Ketiga pasangan calon tersebut masing-masing pasangan Rusbandi- Fatchuddin yang diusung Partai Golkar dan PPP), pasangan Haron Bagas Prakoso- Drajat Adi (PDIP, Nasdem dan Partai Demokrat) serta pasangan Enthus Susmono - Umi Azizah (PKB, Gerindra, PKS, PAN dan Hanura).

 

Sinung menambahkan, saat ini , ia belum dapat memberikan informasi di mana jenazah bupati tegal non aktif ini bakal dimakamkan. Karena pihak keluarga masih berduka.

 

Namun ia memastikan, jenazah akan dimakamkan Selasa (15/5) besok. "Perihal dimana tempat pemakamannya dan pukul berapa kamibelum dapat memastikan," tambahnya.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA