Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Jalur Puncak Kembali Dipadati Kendaraan

Sabtu 16 Jun 2018 16:39 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Kendaraan melintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Ilustrasi

Kendaraan melintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat. Ilustrasi

Foto: Republika/Putra M. Akbar
TMC Polres Bogor Kabupaten melaporkan kepadatan terjadi sejak pukul 6.30 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Jalur Puncak di kawasan Kabupaten Bogor, Jawa Barat kembali dipadati kendaraan pada hari kedua libur Lebaran 2018/Idul Fitri 1439 Hijriah, Sabtu (16/6). Berdasarkan laporan TMC Polres Bogor Kabupaten, tercatat jumlah kendaraan keluar gerbang Tol Ciawi sejak tanggal 15 Juni sampai dengan hari Sabtu ini mencapai 33.754 unit.

Hari kedua Lebaran ini menjadi waktu bagi warga sekitar untuk bersilaturahim dengan sanak keluarga, dan arus wisatawan yang hendak berlibur panjang ke sejumlah objek wisata.

Berdasarkan laporan petugas TMC Polres Bogor Kabupaten, kepadatan lalu lintas telah terjadi sejak pagi pukul 06.30 WIB.

Meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak menyebabkan terjadinya kepadatan serta antrean sepanjang kurang lebih satu kilometer pada ruas keluar jalan tol Ciawi.

Kendaraan yang melintas didominasi oleh kendaraan pribadi baik dari Bogor maupun luar Bogor seperti Jakarta, Bekasi dan sekitarnya.

Guna mengurai kepadatan arus lalu lintas di kawasan Puncak, Satlantas Polres Bogor telah melakukan sistem satu arah lebih cepat dari jadwal biasanya pada pagi hari yakni pukul 07.00 WIB.

Satlantas Polres Bogor juga mengimbau agar masyarakat yang ingin ke Cianjur menggunakan jalur Cibubur-Jonggol-Cariu-Cianjur dengan jarak tempuh 86 Km. "Jalur ini lebih cepat dibandingkan menggunakan jalur Puncak, dan sudah ramai untuk dilalui," kata Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama.

Selain jalur Cibubur, masyarakat juga bisa menggunakan jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) jika ingin ke Cianjur maupun Sukabumi. "Jarak tempuh hanya 15 km, bisa ditempuh dengan waktu 20 menit kurang lebih," katanya.

Hasby mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa jalur alternatif bagi warga yang perjalanannya tertunda dari Cianjur menuju Jakarta.

Menurutnya, beberapa simpul-simpul kepadatan yang terjadi di jalur Puncak seperti Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Satlantas Polres Bogor Kabupaten juga mengimbau masyarakat yang melintasi jalur Puncak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan memantau informasinya di media sosial @TMCPolresBogor.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA