Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Tanah Longsor Gerus Rumah Warga di Sukabumi

Senin 05 Nov 2018 12:00 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Warga melihat kondisi dinding penahan tanah atau turap yang longsor (ilustrasi)

Warga melihat kondisi dinding penahan tanah atau turap yang longsor (ilustrasi)

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Tanah longsor tersebut berawal dari hujan deras yang melanda daerah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengakibatkan tanah longsor. Tanah longsor ini  menggerus bagian belakang rumah di atas tebing yang dihuni tujuh warga. "Tidak ada korban jiwa pada bencana yang terjadi di Kampung Jambelaer, RT19/RW04, Desa Cibatu pada Ahad, (4/11) sekitar pukul 22.00 WIB," kata Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Cisaat Imam Ismail di Sukabumi, Senin (5/11).

Informasi yang dihimpun, tanah longsor tersebut berawal dari hujan deras yang melanda daerah tersebut. Tiba-tiba tebing setinggi sekitar lima meter yang dijadikan permukiman warga mengalami longsor. Akibatnya, rumah milik Tata yang dihuni tujuh orang ikut tergerus di bagian belakang.

Hingga saat ini, penghuni rumah masih takut masuk rumah itu karena longsoran masih terus terjadi. Apalagi curah hujan cukup tinggi dan berpotensi bencana susulan. Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman menambahkan pihaknya masih melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi bencana, sedangkan bantuan darurat segera dikirim.

"Kami akan meninjau dahulu ke lokasi bencana, untuk kerugian belum bisa ditaksir nanti setelah dilakukan pendataan baru ketahuan berapa jumlahnya berikut teknis penanggulangannya," tambahnya. 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA