Tuesday, 12 Rajab 1440 / 19 March 2019

Tuesday, 12 Rajab 1440 / 19 March 2019

Kelompok Tani Kabupaten Semarang Terima Bantuan Alsintan

Senin 12 Nov 2018 17:58 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Alat pertanian.

Alat pertanian.

Foto: Antara.
Tak lama lagi petani akan melakukan penyiapan lahan guna menyambut musim tanam.

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Sejumlah wilayah di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, telah memasuki musim hujan. Pemerintah pusat pun kembali memberikan bantuan alat mesin tanam (alsintan) kepada sejumlah kelompok tani.

Bantuan alsintan berupa hand tractor kali ini, diterima oleh perwakilan sejumlah kelompok tani asal Kecamatan Susukan dan Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Bantuan ini dimaksudkan untuk mendorong peningkatan produksi pertanian tanaman pangan, di kedua wilayah Kecamatan tersebut.

Karena tak lama lagi para petani sudah akan melakukan penyiapan lahan guna menyambut musim tanam. Anggota Komisi VI DPR RI, Juliari P Batubara, yang ikut menyaksikan penyerahan bantuan alsintan ini mengungkapkan, upaya peningkatan produktivitas pertanian perlu dukungan dari seluruh sektor dan pemangku kepentingan.

Menurutnya, faktor pendukung utama untuk meningkatkan produktivitas pertanian saat ini adalah dukungan alsintan. Salah satunya adalah hand tractor yang akan membantu para petani mempercepat proses penyiapan lahan tanam.

“Maka, pemerintah pun sudah memberikan alsintan, seperti yang hari ini diterima oleh kelompok tani dari Kecamatan Pabelan dan Susukan ini,” ujarnya, di Balai Desa Sumberejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang.

Dikatakan, bantuan alsintan ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik di kalangan anggota kelompok tani. Bahkan bisa dioptimalkan guna mendukung produktivitas hasil pertanian. Ia juga mendorong para petani untuk mengantisipasi kendala tanam karena musim yang sulit diprediksi.

Misalnya, terus berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan di bidang pertanian maupun non pertanian yang terkait, seperti BMKG dan lainnya. Dengan begitu para petani lebih paham apa yang harus dilakukan serta bagaimana mereka harus bertindak.

Termasuk meningkatkan peran para penyuluh pertanian di masing-masing wilayah. Ia lantas mengapresiasi keterlibatan unsur-unsur seperti TNI dalam mendukung peningkatan produksi pertanian serta mengamankan distribusi pupuk yang menjadi komoditas pokok pertanian.

Ia berharap pendampingan ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Pemerintah pun sudah menyiapkan bantuan bibit yang produktif, termasuk program peningkatan insfrastruktur pertanian.

Sehingga keterlibatan lintas sektor ini akan membant para petani bisa sejahtara menikmati hasil jerih payahnya. “Harapannya begitu, petani kita makin sejahtera,”  ujarnya.

Sementara itu, Agus Budiono mewakili para petani di Kecamatan Pabelan mengucapkan terima kasih atas bantuan alsintan yang diberikan Pemerintah kepada para kelompok tani.

Bantuan ini akan sangat membantu para petani karena mengolah lahan menjadi lebih praktis dan bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan menggunakan cara manual.

“Ini juga sangat mendorong kesejahteraan petani karena biaya produksi pertanian pun bisa dipangkas,” kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA