Tuesday, 12 Rajab 1440 / 19 March 2019

Tuesday, 12 Rajab 1440 / 19 March 2019

Jalan Malangbong-Bandung Tertutup Longsor Setinggi 20 Meter

Selasa 25 Dec 2018 12:05 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Teguh Firmansyah

Jalur rawan longsor.   (ilustrasi)

Jalur rawan longsor. (ilustrasi)

Foto: Antara/Ampelsa
BPBD masih melakukan pembersihan dengan cara manual.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hujan terus menerus  menyebabkan tanah longsor di Kabupaten Garut, Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong.

Menurut Manajer Pusdalops BPBD Jabar, Budi Budiman Wahyu, longsor tersebut terjadi pada Selasa, (25/12) pukul 04.00 WIB. Budi mengatakan, kejadian ini diakibatkan oleh tingginnya curah hujan sejak siang sampai sore malam hari.

"Dampak yang ditimbulkan dari longsor ini adalah tertutupnya Jalan Raya Malangbong- Bandung oleh longsoran sekitar tinggi 20 meter dan lebar 15 meter," ujar Budi kepada wartawan, Selasa (25/12).

Baca juga, Jalur Malangbong-Bandung Tertutup Longsor.

Menurut Budi, upaya yang telah dilakukan hingga saat ini adalah BPBD Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar untuk memfasilitasi alat berat ke lokasi.

Upaya lainnya, kata Budi, BPBD Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Garut.  BPBD Kabupaten Garut sedang melakukan pembersihan secara manual dikarenakan kurangnya alat berat. "Kami pun mengamankan jalur lain dan mendatangkan alat berat," katanya.

Adapun kondisi lalu lintas saat ini, menurut Budi, arus lalu lintas masih buka tutup. Untuk pembersihan material longsoran, direncanakan akan di semprot oleh Damkar. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA