Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Longsor di Sukabumi Akibatkan Empat Orang Meninggal Dunia

Senin 31 Dec 2018 22:11 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Muhammad Hafil

Longsor (Ilustrasi)

Longsor (Ilustrasi)

Foto: Antara/Fikri Yusuf
Ada 34 rumah yang tertimbun longsor.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bencana longsor menimbun sekitar 34 rumah kampung adat di Kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Senin (31/12) pukul 17.00 WIB. Longsor tersebut mengakibatkan empat orang meninggal dunia.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, data sementara diperkirakan delapan orang tertimbun longsor di Sukabumi.

"Kemudian empat orang berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia. Sebanyak empat korban lainnya dalam upaya evakuasi namun terkendala cuaca hujan dan gelap karena malam," katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (31/12) malam.

Selain itu, dia menambahkan, listrik padam dan komunikasi seluler juga sulit. Ia menambahkan, upaya evakuasi akan dilanjutkan besok pagi.

Kemudian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten bersama tentara nadional Indonesia (TNI), Polri, Basarnas, aparat setempat, relawan dan masyarakat melakukan evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban.

"Akses jalan menuju lokasi longsor jalanan yang terjal, berbatu dan ditambah cuaca hujan rintik menyulitkan tim untuk melakukan evakuasi," ujarnya.

Ia berjanji, posko BNPB terus memantau penanganan bencana dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan BPBD Provinsi Jawa Barat. Tak hanya itu, pendataan masih dilakukan. Pendataan untuk memastikan jumlah korban dan rumah tertimbun longsor. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA