Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Relokasi Ratusan PKL Pasar Pelita Sukabumi Berjalan Kondusif

Jumat 11 Jan 2019 19:56 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Esthi Maharani

Salah satu lapak pedagang Pasar Pelita, Sukabumi

Salah satu lapak pedagang Pasar Pelita, Sukabumi

Foto: antarafoto
Relokasi dilakukan untuk mempercepat pembangunan Pasar Pelita Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya relokasi ratusan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Pelita Kota Sukabumi berjalan kondusif Jumat (11/1). Langkah tersebut dilakukan untuk mempercepat pembangunan Pasar Pelita Sukabumi.

'' Dari pantauan dari Jumat pagi hingga sore hari berjalan lancar,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi kepada wartawan Jumat sore. Jumlah PKL direlokasi mencapai sebanyak 482.

Menurut Fahmi, sebelumnya pemkot sudah melakukan sosialisasi yang sifatnya persuasif dan edukatif kepada pedagang sejak 3 Januari hingga 10 Januari 2019. Selanjutnya pada 11 Januari pedagang diharapkan pindah dan bukan dipindahkan. Dalam artian mereka sukarela pindah dari lokasi pasar ke tempat penampungan sementara di eks Terminal Sudirman Sukabumi.

Fahmi menuturkan, relokasi pedagang berjalan dengan kondusif. Meskipun awalnya ads pedagang yang menolak. Namun dengan adanya pendekatan dari aparat gabungan maka para pedagang mau direlokasi.

Lebih lanjut Fahmi menuturkan, relokasi pasar ini difasilitasi oleh pemerintah dan pengembang. Sementara aparat gabungan baik Polri dan TNI melakukan upaya pengamanan agar relokasi berjalan aman.

Upaya relokasi ungkap Fahmi perlu dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan Pasar Pelita. Hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menuntaskan pembangunan pasar. Di mana jika ratusan PKL dipindahkan maka pembangunan pasar akan dilakukan selama 24 jam.

Pemindahan PKL juga kata Fahmi terutama untuk mendorong terjaminnya aspek keselamatan kerja dan masyarakat yang ada di sekitar lokasi pembangunan.  Selanjutnya pemindahan PKL mempermudah akses masuk kendaraan berat ke lokasi pembangunan pasar.

Rencananya ungkap Fahmi, ratusan PKL ini akan berada di lokasi eks terminal selama hampir satu tahun. Ketika selesai pembangunan maka para PKL bisa masuk ke dalam pasar yang selesai dibangun.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM), Perdagangan dan Perindustrian Kota Sukabumi Ayep Supriatna rencana pemindahan PKL seharusnya dilakukan pada 20 Desember 2018 lalu. Namun upaya tersebut belum bisa dilakukan karena para PKL belum siap dan adanya persiapan pengamanan natal dan tahun baru.

Ayep menerangkan, pemkot berharap agar para PKL bisa pindah mandiri ke pasar penampungan tersebut. Lokasi pasar sementara dilengkapi fasilitas yang cukup baik. Selain itu pemkot juga akan menyiapkan upaya meramaikannya dengan kegiatan car free day dan mengatur rute kendaraan yang mengarah ke lokasi tersebut.




BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA