Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Diduga Ada Masalah, Pesawat Lion JT507 Tunda Penerbangan

Senin 11 Feb 2019 16:56 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Teguh Firmansyah

Pesawat Lion Air  (ilustrasi)

Pesawat Lion Air (ilustrasi)

Foto: EPA/MAST IRHAM
Penerbangan ditunda saat penumpang sudah berada di dalam kabin.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Diduga mengalami masalah teknis, pesawat maskapai Lion Air harus menunda penerbangan dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/2) siang.

Sedianya, pesawat lion Air ini dijadwalkan lepas landas dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dengan tujuan Bandara Internasional Soekarno- Hatta (Soeta), Cengkareng, pada pukul 13.05 WIB.

Namun pesawat dengan Nomor Penerbangan JT 507 ini, tiba- tiba saja menunda jadwal penerbangannya, beberapa saat setelah para penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat.

Otoritas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang membenarkan adanya penundaan penerbangan pesawat maskapai Lion Air ini.  “Pada siang hari ini, pukul 13.05 WIB pesawat Lion Air JT 507 mengalami penundaan penerbangan rute SRG-CGK (Semarangg- Cengkareng-red),” kata Pts General Manager PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Agus Sina.

Kendati tidak menjelaskan secara rinci apa penyebab penundaan penerbangan Lion Air JT 507 tujuan Bandara Soeta ini, namun Agus menegaskan permasalahan tersebut telah ditangani oleh pihak maskapai yang bersangkutan. 

“Saat ini kondisi cukup kondusif, penumpang pesawat telah kembali ke ruang tunggu untuk menunggu sampai diberangkatkan kembali, rencananya pada pukul 18.30 WIB,” ungkapnya.

Baca juga, YLKI Minta Tarif Bagasi Lion Air Harus Seizin Kemenhub.

Pihak AP I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, lanjutnya, juga telah bekoordinasi dengan maskapai lion Air agar dapat memperbaharui informasi keberangkatan pesawat tersebut, melalui Flight Information Display System (FIDS).

Sehingga para penumpang bisa mendapatkan informasi yang jelas terkait dengan penjadwalan ulang keberangkatan pesawat Lion Air tersebut.

Petugas Terminal Inspector dan Customer Service (TICS) pun turut  berkoordinasi dengan maskapai dan mengarahkan penumpang jika ingin pindah penerbangan ke maskapai lain ataupun melalukan refund. “Selain itu juga petugas kami di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani juga telah membantu pihak maskapai, untuk membagikan snack kepada penumpang yang akan menunggu penjadwalan ulang keberangkatan,” jelas Agus.

Sementara itu, belum ada penjelasan resmi dari maskapai lion Air terkait dengan penundaan penerbangan pesawat JT 507  dari bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang ini. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA