Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Rabu, 21 Zulqaidah 1440 / 24 Juli 2019

Puluhan Makam di Sentani Dirusak Orang tak Dikenal

Rabu 30 Okt 2013 07:26 WIB

Red: Citra Listya Rini

Tempat Pemakaman (ilustrasi)

Tempat Pemakaman (ilustrasi)

Foto: www.emirates247.com

REPUBLIKA.CO.ID, SENTANI -- Sekurangnya 50 makam yang ada di tempat pemakaman umum HIS Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua dirusak dan dicuri batu nisannya oleh orang tidak dikenal (OTK). Dari sejumlah makam yang dirusak mulai ada yang diperbaiki pihak keluarga.

Soleh, warga Sereh yang keluarganya dimakamkan di TPU HIS menyayangkan perbuatan pengrusakan makam tersebut. Pasalnya, batu nisan yang dicuri merupakan kenangan bagi keluarga yang ditinggalkan.

"Sedih dan sangat mengutuk keras perbuatan ini, berharap pihak kepolisian bisa segera menemukan pelakunya," ucapnya di Sentani, Rabu (30/10).

Hal senada juga disampaikan Paul Yoku dengan mengatakan orang yang mencuri batu nisan almarhum adiknya merupakan orang yang tidak dapat menghargai orang lain.

"Kedepannya, diharapkan ada penjagaan tersendiri di TPU ini sehingga makam-makam lainnya tidak mengalami nasib yang sama dengan 50 makam yang rusak ini," ujarnya ketika ditemui tengah mengecek makam almarhum adiknya.

Paul menjelaskan kejadian pengrusakan dan pencurian batu nisan ini baru terjadi kali ini. Lebih lanjut Paul mengungkapkan pihaknya bingung kenapa pencuri ini justru mencuri di tempat orang yang sudah meninggal.

"Tidak ada barang berharga di makam sini, biasanya orang mencuri di rumah atau toko, tapi entah mengapa malah justru menyatroni makam," tukasnya.

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Jayapura AKBP Roycke Harry Langie, pihaknya masih mengecek kejadian pengrusakan dan pencurian batu nisan ini. "Coba saya cek dulu ya," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA