Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Sulbar Belum Pernah Raih Medali PON

Selasa 27 May 2014 07:14 WIB

Red: Muhammad Hafil

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh

Foto: esq-news.com

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Provinsi Sulawesi Barat sejak berdiri tahun 2004, belum pernah sekalipun meraih medali pada setiap pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar, Thamrin Syakur, di Mamuju, Selasa (27/5), mengatakan Sulbar tanpa prestasi di PON, merupakan keprihatinan bersama, dan ini menjadi evaluasi untuk meempatkan pembinaan olahraga di Sulbar mendapatkan perhatian serius.

"Salah satu kendala dalam mengembangkan olahraga Sulbar adalah terbatasnya sarana dan prasarana yang dimiliki. Kantor KONI Sulbar pun belum dibangun permanen, sehingga KONI belum memiliki tempat beraktivitas membangun olahraga Sulbar," katanya.

Menurut dia, KONI Sulbar akan kembali menata olahraga Sulbar agar dapat bangkit dan berprestasi di ajang nasional.

"Pada PON 2016 di Jawa Barat nanti, Sulbar harus pulang dengan medali, di antaranya dari tiga cabang olaharaga yang terus menerus dibina agar dapat menyumbangkan mendali di PON nanti," katanya.

Ia menjelaskan tiga cabang olahraga itu adalah Sepak Takraw, Pencak Silat dan Dayung.

"Pemerintah Sulbar telah membangun asrama yang menjadi Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan diharapkan dari situ dapat melahirkan atlet berprestasi di Sulbar," katanya.

Thamrin mengemukakan, untuk mempersiapkan atlet menuju PON 2016, Sulbar kini tengah memprogramkan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) II 2014 yang dipusatkan di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) pada 10-20 November 2014.

KONI Sulbar mengharapkan kegiatan ini sekaligus sebagai ajang seleksi untuk dapat menyumbangkan atlet berprestasi guna mengharumkan nama Sulbar di PON.

Porprov Sulbar di Kabupaten Polman mempertandingkan 22 cabang olahraga diikuti atlet dari enam Kabupaten di Sulbar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA