Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Kamis, 18 Safar 1441 / 17 Oktober 2019

Dukung Toba Go Green 2014, Inalum Sumbang 30 Ribu Pohon

Kamis 25 Sep 2014 14:37 WIB

Red: Heri Ruslan

Deputy General Manager Umum & CSR PT Inalum, W Djoko Laksono  didampingi Aster Kodam I Bukit Barisan Kol Bambang, dan Manager Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum Arfan Iqbal Harahap sedang menanam pohon secara simbolis di Parapat dalam program Toba Go Green

Deputy General Manager Umum & CSR PT Inalum, W Djoko Laksono didampingi Aster Kodam I Bukit Barisan Kol Bambang, dan Manager Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum Arfan Iqbal Harahap sedang menanam pohon secara simbolis di Parapat dalam program Toba Go Green

Foto: dokinalum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Toba Go Green 2014 di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara mendapat dukungan dari PT Inalum. Perusahaan itu menyumbangkan 30 ribu pohon untuk mendukung kegiatan yang digagas Kodam I Bukit Barisan sejak 2011 itu.

Direktur Utama PT Inalum, Ir Winardi mengatakan, sangat mendukung program Toba Go Green. Tahun ini, Inalum turut berpartisipasi dalam membantu pengadaan, penanaman dan pemeliharaan 30 ribu ribu pohon atau senilai Rp 300 juta.

Penanaman serentak yang akan dilaksanakan oleh Kodam I Bukit Barisan dan berbagai pihak tersebut di sekitar Danau Toba, akan direalisasikan dalam dua tahap penanaman sesuai jadwal musim tanam dan penghujan. Keikutsertaan ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat atau bina lingkungan PT Inalum  untuk bidang lingkungan, khususnya pelestarian kawasan Danau Toba.

“Kami sangat memahami bahwa bantuan ini jauh dari mencukupi, namun kami percaya dan berharap Kodam I Bukit Barisan dan jajarannya bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait, dapat terus berkomitmen untuk menanam, memelihara dan memantau perkembangan bantuan pohon tersebut, secara berkesinambungan guna kelestarian alam Danau Toba bagi kita dan generasi mendatang,” ungkap Ir Winardi lewat Deputy General Manajer, Djoko Laksono didampingi Manajer Pemberdayaan Masyarakat, Arfan Iqbal Harahap.

Program Toba Go Green mencanangkan penanaman dan pemeliharaan 40 juta pohon, yang mengikut instruksi presiden untuk penanaman 1 miliar pohon di Tanah Air. Setelah 4 tahun berjalan, pohon yang berhasil ditanam mencapai 2.525.745 batang. Pohon tersebut ditanami di lahan kritis di sekitar Danau Toba yang mencapai 380 ribu hektare di kawasan, Dairi, Humbahas, Tobasa, Taput, Simalungun, Samosir, dan Karo.

Pada lanjutan Toba Go Green tahun ini ditargetkan ditanam 1 juta pohon. Yang sudah terealisasi adalah 345.490 batang pohon, demikian disampaikan Aster Kodam I BB, Kol Bambang dalam laporannya.

Pada kegiatan Toba Go Green yang digelar di Parapat tersebut, ditargetkan penanaman 5.000 pohon.  “Mari kita tingkatkan semangat untuk melestarikan kawasan Danau Toba. Dan juga kita tingkatkan sinergitas berbagai pihak agar sama-sama ikut melestarikan lingkungan,” imbau Pangdam I/BB Mayjend TNI Istu Hari dalam sambutannya yang dibacakan Danrem 022/PT Kolonel Arm Broto Guncahyo.

Kepala Dinas Kehutanan Sumut, Halen Purba mewakili Gubsu menjelaskan bahwa even yang digagas dan digelar Kodam I/BB ini sangat diapresiasi. Di Sumut, menurut Halen, program penanaman pohon selalu melewati target.

“Kita ingin membudayakan penanaman pohon di Sumut. Tak hanya menanam kita juga harus memelihara. Di Sumut sudah kita canangkan bulan pemeliharaan pohon yang jatuh pada bulan Maret. Ini menjadikan kita satu-satunya provinsi yang di Indonesia yang punya bulan pemeliharaan pohon,” terang Halen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA