Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Friday, 19 Ramadhan 1440 / 24 May 2019

Arab Saudi dan Sumut Bangun Kerja Sama di Bidang Pendidikan

Kamis 14 May 2015 18:05 WIB

Rep: Ahmad Rozali/ Red: Satya Festiani

-Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Ibrahim Al Mubarak

-Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Mustafa Ibrahim Al Mubarak

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kerajaan Arab Saudi berencana membangun kerja sama khusus dengan pemerintah Provinsi Sumatra Utara. Keduanya akan melakukan kerja sama di bidang pendidikan.

Hal itu dikatakan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Ibrahim Al Mubarak dalam kunjungannya di Rumah Dinas Gubernur Sumut, di Medan. Mustofa mengutarakan keinginan pemerintahnya untuk bekerja sama membangun instansi pendidikan Islam di Sumatra Utara.

"Selain silaturahim, kami ingin membicarakan tentang pendidikan di Sumut. Kita akan dukung Sumatra Utara agar memiliki lembaga pendidika representatif untuk belajar islam," ujar Mustofa dalam sambutannya di Medan, Kamis (14/5).

Ia mengatakan, hal tersebut lebih efisien dan efektif dari pada pergi belajar jauh hingga ke negara-negara di Timur Tengah. Sebab, dalam rangka belajar di Timur Tengah, pelajar akan membutuhkan biaya yang banyak.

Mustofa juga menjanjikan bahwa kualitas pendidikan yang akan diperbantukan kepada pendidikan tersebut merupakan pendidikan Islam terbaik yang dimiliki kerajaan Arab Saudi. ”Dengan pendidikan yang mewakili pendidikan terbaik di Saudi Arabia," katanya.

Dalam rangkaian acara penyambutan yang digabung dengan jamuan makan siang, Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho menyambut baik rencana tersebut. Program ini, kata dia akan membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya di Sumatra Utara.

Selain itu, proyek ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hubungan kenegaraan Indonesia dan Arab Saudi. "Semoga semakin mempererat erat tali silaturahmi di antara kita semua, terutama pemerintah Indonesia dan Arab Saudi," ujarnya.

Anggota DPRD Sumut, yang turut hadir pada acara tersebut, Muhammad Hafezmengatakan, kerja sama ini merupakan potensi bagus bagi pendidikan di Sumut. "Apa lagi saat ini kita akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Maka kita mendokung pendidikan keislaman tersosialisasi menjangkau pelosok Se-sumut," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA