Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Pemenuhan SDM Berkualitas Kunci Pengembangan Daerah

Ahad 04 Oct 2015 17:59 WIB

Red: Hazliansyah

Camelia Puji Astuti (baju hijau)

Camelia Puji Astuti (baju hijau)

Foto: ist

REPUBLIKA.CO.ID, -- Indonesia dikaruniai dengan kekayaan alam luar yang dapat dimaksimalkan untuk mensejahterakan masyarakat. Hanya saja, dalam hal tersebut harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang unggul.

Salah satunya di Kabupaten Batanghari, Jambi. Kekayaan alam yang tinggi harus dapat memberi jalan bagi terbentuknya sumber daya manusia yang unggul.

"Suatu daerah akan maju dan sejahtera karena keunggulan sumber daya manusia," ujar Camelia Puji Astuti, calon Bupati Batanghari.

Lebih jauh ia mengatakan, pembangunan daerah harus berfokus pada pembangunan manusia.

"Pembangunan ekonomi, infrastruktur, sosial dan budaya merupakan upaya-upaya untuk mendukung pembangunan manusia tersebut," kata dia.

Ia mencontohkan bagaimana negara-negara yang masuk dalam kelompok negara maju, selalu berlomba dalam membangun sumber daya manusia.

"Sumber daya alam dapat habis atau nilainya menurun, sedangkan sumber daya manusia akan selalu mampu bertahan," ujarnya.

Dalam pembangunan sumber daya manusia berdaya saing, salah satunya melalui pendidikan. Karena itu infrastruktur pendidikan harus terpenuhi dengan baik. Infrastruktur tersebut adalah yang bersifat fisik dan nonfisik.

“Infrastruktur fisik seperti sarana dan prasarana gedung sekolah dan seluruh kelengkapannya harus disiapkan dan memadai. Infrastruktur pendukung nonfisik seperti guru–guru, sistem dan fokus pendidikan juga harus ditingkatkan," kata dia dalam keterangan tertulis.

Serta yang tidak ketinggalan adalah orang tua yang selalu dapat menjadi motivator bagi putra-putri mereka.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA